SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI MA MIFTAHUL ‘ULUM TUYAU

  • Baihaki Baihaki Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Lu’luil Maknun Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Rahmatya Nurmeidina Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
Keywords: pembelajaran daring, pembelajaran matematika, self-efficacy

Abstract

ABSTRAK

Masalah yang sering dialami siswa apalagi saat pembelajaran daring adalah kurangnya keyakinan akan keberhasilan dalam belajar khususnya pada mata pelajaran matematika. Hal tersebut disebabkan oleh rendahnya self-efficacy yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika secara daring di MA Miftahul ‘Ulum Tuyau. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MA Miftahul ‘Ulum Tuyau dengan sampel 26 siswa MA Miftahul ’Ulum Tuyau kelas XI. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket self-efficacy matematis yang terdiri dari 11 pertanyaan positif dan 14 pertanyaan negatif dengan skala yang digunakan adalah skala likert. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh bahwa self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika secara daring di MA Miftahul ’Ulum Tuyau secara keseluruhan berada di level sedang.

Kata kunci: pembelajaran daring; pembelajaran matematika; self-efficacy.

 

ABSTRACT

The problem that is often experienced by students especially when learning online is the lack of confidence in success in learning, especially in mathematics. This is caused by the low self-efficacy possessed by students. This research aims to determine students' self-efficacy in online mathematics learning at MA Miftahul 'Ulum Tuyau. This research is a descriptive research using survey method. The population of this study was all students of MA Miftahul 'Ulum Tuyau with a sample of 26 students of MA Miftahul 'Ulum Tuyau class XI. The instrument used in this study is a mathematical self-efficacy questionnaire consisting of 11 positive questions and 14 negative questions with the scale used is the Likert scale. Based on the results and discussion, it was found that students' self-efficacy in online mathematics learning at MA Miftahul 'Ulum Tuyau was overall at a moderate level.

Keywords: math learning; online learning; self-efficacy.

References

Alwisol. (2014). Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). In UMM Press.

Anitasari, A., Pandansari, O., Susanti, R., Kurniawati, K., & Aziz, A. (2021). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Perilaku Menyontek Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 82–90. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.37661

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. New York: W.H. Freeman and Company. American Psychological Association.

Dayani, O. W., Agustina, R. & Vahlia, I. (2021). Pengembangan Modul Pop Up Book Berbasis RME (Realistic Mathematic Education) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Di Madrasah Tsanawiyah EL- QODAR. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 39-47.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Kurniawan, R. I., Nindiasari, H., & Setiani, Y. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 150–160.

Latifah, A. (2018). Pengaruh Konsep Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV SD/MI Se-Gugus V Kecamatan Wates, Kabupaten Kulonprogo Tahun Ajaran 2017/2018. In Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Marlina. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Diskursif. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 35–45. https://doi.org/10.24815/jdm.v1i1.1240

Nurfauziah, P., Faudziah, L., Nuryatin, S., & Mustaqimah, I. A. (2018). Analisis Self Efficacy Matematik Siswa Kelas VIII SMP 7 Cimahi Dilihat dari Gender. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 61–70.

Sadewi, A. I., Sugiharto, D., & Nusantoro, E. (2012). Meningkatkan Self Efficacy Pelajaran Matematika Melalui Layanan Penguasaan Konten Teknik Modeling Simbolik. Indonesian Journal of Guidance and Counseling - Theory and Application, 1(2), 7–12.

Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Sigma, 1(2), 64–68.

Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika di MTs N 2 Ciamis. Teorema : Teori dan Riset Matematika, 1(2), 39–44. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i2.548

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Yati, A. A., Marzal, J., & Yantoro, Y. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme dan Self-Efficacy Siswa terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 20–29. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11019

Published
2022-03-08
Section
Articles