HABITS OF MIND DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA

  • Akhmad Ilmi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Siska Monica
  • Ahmad Lazwardi
Keywords: habits of mind, komunikasi matematis

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan Habits of Mind peserta didik SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Habits of Mind terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Tamban dengan total 72 siswa, dengan pengambilan sampel secara refresentatif yakni secara acak diperoleh sebanyak 28 peserta didik. Dalam pengumpulan data masing-masing peserta didik diberikan 2 buah instrumen penelitian yakni instrumen tes dan non tes. Instrumen tes komunikasi matematis peserta didik mendapatkan soal uraian yang terdiri dari 4 soal uraian. Sedangkan instrumen non tes berupa angket Habit of Mind yang terdiri dari 12 pernyataan dengan 6 pernyataan positif dan 6 pernyataan negatif. Data tersebut diuji regresi dan korelasinya. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa Habits of Mind berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP, dengan persamaan regresi Y = 1,065X – 42.201 menunjukkan pengaruh yang positif, serta tingkat keeratan yaitu koefisien korelasi pearson sebesar 0,467 tergolong dalam interpretasi sedang positif. Rekomendasi dari penelitian ini, guru sebaiknya merancang proses pembelajaran yang baik sehingga dapat meningkatkan Habits of Mind peserta didik agar kemampuan komunikasi peserta didik semakin meningkat.

Kata kunci: habits of mind; komunikasi matematis

 

ABSTRACT 

This research is motivated by the low mathematical communication skills and Habits of Mind of junior high school students. This study aims to analyze the effect of Habits of Mind on the mathematical communication skills of junior high school students. The research method used is correlational quantitative method. The population in this study were students of class VIII at SMP Negeri 4 Tamban with a total of 72 students, with representative sampling, which was randomly obtained as many as 28 students. In collecting data, each student was given 2 research instruments, namely test and non-test instruments. The mathematical communication test instrument of students gets a description question which consists of 4 description questions. While the non-test instrument is a Habit of Mind questionnaire which consists of 12 statements with 6 positive statements and 6 negative statements. The data were tested for regression and correlation. The results of the data analysis show that Habits of Mind has a significant effect on the mathematical communication skills of junior high school students, with the regression equation Y = 1.065X - 42,201 showing a positive influence, and the level of closeness, namely the Pearson correlation coefficient of 0.467 belonging to the moderate positive interpretation. Recommendations from this study, teachers should design a good learning process so that it can improve students' Habits of Mind so that students' communication skills can increase.

Keywords: habits of mind; mathematical communication

References

Ahmad. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 1–10. https://doi.org/10.31941/delta.v5i2.536

Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Bidari, I. (2018). Pengaruh Habits of Mind Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3757

Fitri, P. R., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Smp Kelas 9. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i1.1672

Gunawan, R. M. (2020). Penerapan Lasswell Communication Model Berbasis Lesson Study Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Habits Of Mind Peserta Didik Skripsi. 1–12.

Hendriana, Rohaeti & sumarmo. (2017). Hard skill dan soft skill matematika siswa. PT.Refika Aditama.

Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. 3(1), 153–164.

Riyono, M. R. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Website Stikom Institutional Repositories (Sir) Pada Institut Bisnis Dan Informatika Stikom Surabaya Tugas Akhir Program Studi S1 Sistem Informasi Oleh : Muchammad Rizqy Riyono.

Robiah, S., Rohaeti, E. E., & Senjayawati, E. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Minat Belajar Matematis Siswa Smk Negeri 1 Cihampelas. Journal On Education, 01(02), 365–371.

Sanjayawati, E. (2015). Penerapan Pendekatan Kontesktual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMK di Kota Cimahi. Didaktik, 9(1), 33–39.

Whardani, F. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII Mts Daarul Hikmah Pamulang pada Materi Segiempat dan Segitiga. 109017000052.

Yuzalia, Y., & Nufus, H. (2021). Analisis Newman ’ s Error Penyelesaian Soal-Soal Pada Materi Himpunan Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Gaya Kognitif dan Habits of Mind. 4(2), 113–122.

Published
2022-03-08
Section
Articles