PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATEMATIKA BERBASIS WEBTOOM KELAS VII MATERI ARITMATIKA SOSIAL DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME)

  • Nava Margi Dayana -
  • Satrio Wicaksono Sudarman Universitas Muhammadiyah Metro
  • Sutrisni Andayani Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: bahan ajar, media, pengembangan, RME, webtoon

Abstract

ABSTRAK

Peserta didik sulit memehami bahan ajar yang disediakan sekolah, peserta didik lebih mudah mengingat materi jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari dan belum terdapat media komik berbasis webtoon dalam pembelajaran matematika sesuai dengan analisis kebutuhan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan pengembangan media komik matematika berbasis webtoon kelas VII materi aritmatika sosial dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), tahap implementation tidak digunakan hanya terfokus pada pengembangan produk, tahap evaluation dilakukan berdasarkan komentar dan saran. Instrument yang digunakan lembar validasi dan kepraktisan. Teknik analisis data validasi ahli materi dilakukan oleh dua validator, dan hasil yang didapat adalah 83% dengan kriteria sangat layak. validasi ahli media dilakukan oleh dua validator, dan hasil yang didapat adalah 84% atau berada pada kriteria sangat layak. uji coba kelompok kecil dilakukan oleh 10 peserta didik, dan hasil  dari uji kelompok kecil adalah 96% atau berada pada kriteria sangat praktis. Berdasarkan proses validasi dan proses uji kelompok kecil maka pengembangan media komik matematika berbasis webtoon kelas VII materi aritmatika sosial dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dinyatakan layak dan praktis.

Kata kunci: bahan ajar; media; pengembangan; realistic mathematic education (RME); webtoon

 

ABSTRACT

Students find it difficult to understand the teaching materials provided by the school, students are easier to remember the material when it is associated with daily life and there is no webtoon-based comic media in mathematics learning according to needs analysis. Therefore, this study aims to determine the feasibility and practicality of developing webtoon-based mathematics comic media for class VII social arithmetic material with the Realistic Mathematical Education (RME) approach. This type of research is a development research that uses the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), the implementation phase is not used only focused on product development, the evaluation phase is carried out based on comments and suggestions. The instrument used is a validation sheet and practicality. The data analysis technique of material expert validation was carried out by two validators, and the results obtained were 83% with very feasible criteria. media expert validation was carried out by two validators, and the results obtained were 84% or were in the very feasible criteria. The small group trial was conducted by 10 students, and the results of the small group test were 96% or were in very practical criteria. Based on the validation process and the small group test process, the development of webtoon-based mathematics comic media for class VII social arithmetic material with the Realistic Mathematical Education (RME) approach was declared feasible and practical.

Keywords: teaching materials; media; development; realistic mathematical education (RME); webtoon

 

References

Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 25-40.

Agustina, R & Vahlia, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi Program Studi Pendidikan Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(4), 152–160.

Apsari, P.N & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Program Linier. Journal of the Society of Mechanical Engineers, 121(1191), 47-50.

Dayani, O. W., Agustina, R. & Vahlia, I. (2021). Pengembangan Modul Pop Up Book Berbasis RME (Realistic Mathematic Education) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Di Madrasah Tsanawiyah EL- QODAR. EMTEKA. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 39-47.

Farhatin, N., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal Untuk Siswa Smp Kelas VIII. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 33-40.

Herwati. (2016). Pengembangan modul keanekaragaman aves sebagai sumber belajar biologi. Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM METRO, 1(1), 55-60.

Indriyani, E., Vahlia, I. & Rahmawati, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). EMTEKA. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-10.

Noviarni, E., Agustina, R. & Vahlia, I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Disertai Cerita Bergambar. EMTEKA. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 136-146.

Paradita, L., Vahlia, I. & Rahmawati, Y. (2019). Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Take And Give Berbasis Matematika Realistik. Jurnal Aksioma, 8(3), 438-447.

Pemerintah RI. (2005). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Produk Hukum.

Prisca, H. (2019). Perancangan Program Kampanye Rescue and Adopt Melalui Webtoon Four Little Feet Untuk Membangun Sikap Kepedulian Pada Hewan. Journal of Servite, 1(1), 50-57.

Qoiriah, M., Vahlia, I. & Agustina, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Realistic Mathematic Education (RME) Bermuatan Higher Order Thinking Skill (HOTS. Jurnal Pendidikan Matematika. 9(1), 42-58.

Ramadhani, E. D. (2019). Pengembangan Komik Matematika Berbasis Rme (Realistic Mathematics Education) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Keliling Dan Luas Segitiga Siswa Smp Kelas VII. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 22-27.

Saputri, F., Jazim & Vahlia, I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). EMTEKA. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 24-35.

Sari, E. R. Rahmawati, Y. & Vahlia, I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Android dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Materi Koordinat Kartesius. EMTEKA. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 74-85.

Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Dengan Pendekatan RME Berbasis Aplikasi Schoology. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 9-18.

Sudarman, S. W. & Vahlia, I. (2021). Efektivitas Penggunaan Video Interaktif Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Pada Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Lentera, 6(2), 202-205.

Tresnawati, D., Satria, E., & Adinugraha, Y. (2016). Pengembangan Aplikasi Komik Hadits Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma, 13(1), 99–105.

Yunian P. R. W., & Anggraini, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software MindMap pada Siswa SMA. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 23-30.

Vahlia, I. & Uminarsih. (2019). RME Berbasis Blanded Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(2): 66–76.

Published
2022-03-08
Section
Articles