PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT BERBANTUAN APLIKASI INSTAGRAM PADA MATERI PELUANG

  • Trisca Dwi Ravilla Universitas Muhammadiyah Metro
  • Rahmad Bustanul Anwar Universitas Muhammadiyah Metro
  • Satrio Wicaksono Sudarman Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: media pembelajaran, pengembangan, powerpoint

Abstract

ABSTRAK

Matematika merupakan mata pelajaran pada setiap jenjang pendidikan baik di sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 pada Standar Isi Mata Pelajaran Matematika dinyatakan bahwa tujuan mata pelajaran matematika di sekolah yaitu agar peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep, dan mengaplikasikan konsep secara lugas, akurat, efisien, sehingga dapat memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Pada penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran berbasis powerpoint berbantuan aplikasi instagram pada materi peluang yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap implementasi tidak dilakukan, karena tujuan penelitian ini hanya sebatas menghasilkan suatu produk yang valid dan praktis untuk diimplementasikan. Kevalidan produk ditunjukkan melalui penilaian validator yang terdiri dari 2 ahli materi dan 2 ahli media. Sedangkan kepraktisan media pembelajaran ditunjukkan melalui uji coba pemakaian dengan kelompok kecil sebanyak 10 orang peserta didik. Penelitian ini memperoleh validasi ahli materi dengan rata-rata persentase sebesar 83% dan rata-rata persentase 94% dari ahli media. Dengan demikian hasil validasi dari kedua ahli memperoleh rata-rata persentase sebesar 89% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan dari uji coba pemakaian memperoleh rata-rata persentase sebesar 85% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil yang didapat, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis powerpoint berbantuan aplikasi instagram pada materi peluang memenuhi kriteria valid dan praktis.

Kata kunci : Media pembelajaran; pengembangan; powerpoint

 

ABSTRACT

This research is a type of Research an Development (R&D) research. This research is to produce a product in the form of powerpoint based learning media assisted by the Instagram on the material of opportunities that is valid and practical. This study uses the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The implementation phase was not carried out, because the purpose of this research was only to produce a product that was valid and practical to implement. The validity of the product is shown through the assessment of the validator consisting of 2 material experts and 2 media experts. While the practically of the learning media was demonstrated through a trial use with a small group of 10 students. The research obtained validation results from material experts with an average percentage of 83% and an average percentage of 94% from media experts. Thus, the validaton results from the two experts obtained an average of 89% with very valid criteria. Meanwhile, from the usage trial, it obtained an average percentage 85% with very practical criteria. Based on the results obtained, it can be concluded that the powerpoint based learning media assisted by the Instagram on the material of opportunities meets the valid and practical criteria.

Keyword : development; learning media; powerpoint

References

Amanda, D., Agustina, R., & Linuhung, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Android Studio Pada Materi Turunan. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 46-53.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Education Journal, 3(1), 35-43.

Hadi, H dan Agustina, S. (2016). Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Modul ADDIE. Jurnal Education, 11 (1), 90-105.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 123-129.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 10(1), 1-15.

Irwandani, I., & Juariyah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Social Media Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 33-42.

Jordan, L. A., & Papp, R. (2014). Powerpoint: It's Not Yes or No It's When and How. Research in Higher Education Journal, 22.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknoligi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1-10.

Nurhayati, D., Rahmawati, D., & Farida, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Segiempat dan segitiga Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Labuhan Maringgai. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 11-24.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1), 19-35.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 23 Mei 2006. Jakarta.

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 : Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute Perum Sekar Indah II.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Susanti, C., Rizki, S., & Farida, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Open Ended Disertai ICT dan Nilai-Nilai Islam Materi Sistem Persamaan Linear. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49-60.

Utami, P.,(2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Instagram Terhadap Kemajuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Bio-Pedagogi, 4(1), 47-52.

Xingeng, D., & Jianxiang, L. (2012). Advantages and disadvantages of PowerPoint in lectures to science students. IJ Education and Management Engineering, 9(1), 61-65.

Published
2022-03-09
Section
Articles