PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTU ALAT PERAGA PADA MATERI PELUANG

  • Anita Anita Universitas Muhammadiyah Metro
  • Rina Agustina Universitas Muhammadiyah Metro
  • Yeni Rahmawati ES
Keywords: inkuiri terbimbing, LKPD, pengembangan

Abstract

ABSTRAK

Peserta didik SMP masih mengalami kesulitan dalam memahami materi peluang yang ditunjukkan oleh hasil belajar peserta didik. kesulitan peserta didik dikarenakan kesulitan dalam menggunakan bahan ajar yang ada. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar tambahan untuk mendukung pembelajaran materi peluang yaitu berupa lembar kerja peserta didik (LKPD). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing berbantu alat peraga pada materi pelung di SMP Negeri 3 Metro. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D atau Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Metro. Intrumen penelitian yang digunakan antara lain adalah angket validasi materi, angket validasi desain dan bahasa, dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh hasil, yaitu produk telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Kriteria valid dilihat dari segi materi, desain dan bahasa. Kriteria valid dari segi materi memperoleh persentase 70,60% dan 80,00%. Sedangkan dari segi desain dan bahasa diperoleh persentase sebesar 81,30% dan 90,60%. Berdasarkan persentase hasil uji validitas tersebut, LKPD sudah dinyatakan valid. Selanjutnya, hasil dari uji kepraktisan produk diperoleh persentase sebesar 90,00% dan memenuhi kriteria praktis. Hasil ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran. Penelitian pengembangan yang dilakukan baru sampai pada tahap uji kepraktisan produk, dikarenakan adanya situasi yang tidak memungkinkan. Oleh karena itu, harapannya penelitian ini dapat dilanjutkan ke tahap uji efektivitas produk.

Kata kunci: Inkuiri terbimbing; LKPD; pengembangan

 

ABSTRACT

The problem of junior hig school student is to understand the material. It is caused of the mathematics books that was used by student is difficult to understand. So, the students need another kind of resourches such as student’s worksheet. This research is research and development. The aim of this research is develop an student’s worksheet based on guided inquiry by using tools for probability material in junior high school 3 Metro. This research used 4D model or define, design, develop, and disseminate. The subject of this research are students of state junior high school 3 Metro especially VIII grade. The research instruments are observation’s interview, validation questionnaire, and student’s responce questionnarire. This research and development must be continue in the next project to idetified the efectivity of the product. This situation is caused of the world condition now. The product have material validity scores  70,60% and 80,00%. And then the design and language validity scores are 81,30% and 90,60%. The result of practical test is 90,00%, it means that the product can be used by students. So, the conclution of this research is the product of development can be used in the learning proccess.

Keywords: Development; guided inquiry; student’s worksheet

References

Agustina, E. (2015). Pengaruh Desain Sampul Buku Terhadap Minat Baca Siswa di Perpustakaan MAN Yogyakarta III (UIN Sunan Kalijaga). https://doi.org/10.1145/3132847.3132886

Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Program Linier. Aksioma, 7(1), 161–170.

Dwimardianti, H. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning Pada Materi Koordinat Kartesius Kelas VIII SMP. Universitas Jambi.

Fadillah, S., Wahyudi, & Nurhayati. (2018). Pemanfaatan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika dan IPA Bagi Guru SD/SMP di Desa Tanjung Saleh. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 95–103.

Guntur, M., Muchyidin, A., & Winarso, W. (2017). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Matematika Bersuplemen Komik Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 43. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1667

Hasrawati, Adnan, & Hartati. (2019). Uji Validitas Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD ) Berbasis Discovery Learning untuk Siswa SMAN pada Konsep Sistem Pencernaan. Prosiding Seminar Nasioal Biologi VI, (6), 299–305. Makassa.

Indriani, M., Niswah, C., & Arifin, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 165–180.

Kadrizal. (2020). Peran Media Alat Peraga Dalam Mengembangkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Education and Development, 8(4), 169–172.

Kasiatun. (2021). Peningkatan Partisipasi Hasil Belajar Matematika Peluang dengan Alat Peraga di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Google Clasroom. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 125-138.

Kemendikbud. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. , (2016).

Khasanah, U. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Grafis pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Khayati, F., Sujadi, I., & Saputro, D. R. S. (2016). Pengembangan Modul Matematika Untuk Pembelajaran berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Materi Pokok Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(7), 608–621.

Mardana, F. F., Noer, S. H., & Suharsono, S. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(2).

Meida, P., Andayani, S., & Farida, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Himpunan. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 127-135.

Nasaruddin. (2015). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Kawarizmi, III(2), 21–30.

Pemerintah RI. UU Nomor 20 Tahun 2003. , Pub. L. No. 4301 (2003).

Prawito, M.G., Sudarman., Rahmawati, D. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Inkuiri Disertai Nilai-Nilai Islam pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 172-182.

Rohmah, L. M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Gaya Belajar Visual Sebagai Art Therapy Untuk Peserta Didik Penyandang Autisme. UIN Raden intan Lampung.

Sari, R. M., Rusdi, & Maulidiya, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 3(1), 31 – 39.

Setyowati, N., & Susilo, B. E. (2016). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Materi Peluang. KREANO: Jurnal Matematika Kreatif -Inovatif, 7(1), 24–30.

Silvia, T. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Pada Materi Garis dan Sudut (IAIN Salatiga). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Sumaryati, A. S., & Hasanah, D. U. (2015). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 11 Yogyakarta. Jurnal Derivat, 2(2), 56–64.

Zulfah. (2017). Tahap Preliminary Research Pengembangan LKPD Berbasis PBL Untuk Materi Matematika Semester 1 Kelas VIII SMP. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12.

Published
2022-03-09
Section
Articles