PENGEMBANGAN HANDOUT MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

  • Annisa Luthfi Maharani Universitas Muhammadiyah Metro
  • Sudarman sudarman Universitas Muhammadiyah Metro
  • Nurul Farida Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: android, aritmatika sosial, CTL, handout

Abstract

ABSTRAK

Berdasarkan permaslahan di lapangan ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari bahan ajar terutama saat pembelajaran daring. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk berupa handout matematika berbasis android dengan model CTL pada materi aritmatika social yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Handout berbasis android ini dilengkapi dengan model contextual teaching and learning dengan 7 komponen utama yaitu kontruktivisme, bertanya, menemukan, memodelkan, masyarakat belajar, menyimpulkan dan penilaian autentik sehingga memudahkan siswa dalam belajar karena mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap valid dan praktis dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket validasi produk oleh ahli dan angket kepraktisan oleh peserta didik. Tingkat kevalidan produk ini dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi dan ahli media. Hasil persentase penilaian validasi ahli materi adalah sebesar 81% serta hasil persentase penilaian ahli media adalah sebesar 85% dan kedua hasil tersebut termasuk dalam kategori sangat layak. Tingkat kepraktisan produk ini diperoleh dari hasil angket respon siswa oleh 10 reponden kelas VII SMP Negeri 6 Terbanggi Besar dengan rata-rata persentase sebesar 91% dan termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan sangat valid dan praktis untuk digunakan.

Kata kunci:  android; aritmatika sosial; CTL; handout

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to develop and produce a product in the form of an Android-based math handout with CTL model on social arithmetic material. This type of research is Research and Development . The model used in this study is the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). This android-based handout is equipped with a contextual teaching and learning model with 7 main components, namely constructivism, asking questions, discovering, modeling, learning communities, concluding and authentic assessments making it easier for students to learn because they relate the material to everyday life. This research was carried out only to the valid and practical stage using data collection instruments, namely product validation questionnaires by experts and practicality questionnaires by students. The level of validity of this product can be seen from the validation results of material experts and media experts. The percentage result of the material expert validation assessment is 81% and the percentage result of the media expert assessment is 85% and both results are included in the very feasible category. The level of practicality of this product is obtained from the results of student responses questionnaires by 10 respondents in class VII SMP Negeri 6 Terbanggi Besar with an average percentage of 91% and is included in the very practical category. Based on the results obtained, it can be concluded that the product developed is very valid and practical to use.

Keywords: android; CTL; handouts; social arithmetic

References

Agustina, R., & Vahlia, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 152–160.

Amanda, D., Agustina, R., & Linuhung, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Android Studio Pada Materi Turun. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika,1(1), 46-53.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Dayani, O. W., Agustina, R. & Vahlia, I. (2021). Pengembangan Modul Pop Up Book Berbasis RME (Realistic Mathematic Education) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Di Madrasah Tsanawiyah EL- QODAR. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 39-47.

Friantini,R. N. ,dkk. (2020). Pengembangan Modul Kontekstual Aritmatika Sosial Kelas 7 SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 562-576.

Gusriyanti, Y. (2018). Pengembangan Handout Matematika Berbasis Kontekstual pada Materi Aritmatika Sosial untuk Kelas VII SMP. Skripsi. Padang: Program Sarjana UIN Imam Bonjol Padang.

Hanum, L., dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buletin Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Kelas X Sma/Ma Di Banda Aceh. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), 1(1), 42-48.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 32-35.

Khotimah, D. I., Andayani, S. & Wicaksono, S. W. (2020). Pengembangan Handout Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 36-45.

Noviarni, E., Agustina, R. & Vahlia, I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Disertai Cerita Bergambar. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 136-146.

Mayangsari, C. D., dkk. (2018). Handout Berbasis Android Untuk Pembelajaran Usaha dan Energi Di SMA dengan Model Problem Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Fisika, VII, 70-77.

Nurhayati, D., dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Segi Empat dan Segitiga Siswa Kelas VII. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 11-24

Pradnyantika, L. D., dkk. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri 2 Negara. Jurnal pendidikan kimia Indonesia, 2(1), 1-10.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Riduwan dan Akdon. (2015). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sari, E. R., Rahmawati, Y. & Vahlia, I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Android dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Materi Koordinat Kartesius. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 74-85.

Sholihah, S. M., Farida, N. & Rahmawati, D. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasiskontekstual Disertai Nilai-Nilai Islampada Materi Barisan Dan Deret. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 168-180.

Sarbiyono. (2020). Penerapan Pendekatan Kontekstual dan Pemecahan Masalah Matematis Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika. 1(1), EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 79-86.

Sutarti,T dan Irawan, E. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Sleman: Penerbit Deepublish.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.

Published
2022-03-08
Section
Articles