PENGEMBANGAN E-LKPD BERBANTU LIVEWORKSHEET MATERI TRIGONOMETRI

  • Tri Widiyarsih Universitas Muhammadiyah Metro
  • Nurul Farida Universitas Muhammadiyah Metro
  • Satrio Wicaksono Sudarman Universitas Muhammadiyah Metro

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan (R&D) ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran E-LKPD berbantu Liveworksheet materi Trigonometri yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sekampung. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMAN 1 Sekampung. Objek penelitian ini adalah E-LKPD Trigonometri berbantu Liveworksheet. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah  lembar wawancara, lembar validasi, lembar respon dan tes. Lembar wawancara digunakan pada kegiatan prasurvei yang diisi oleh guru dan peserta didik. Lembar validasi berupa materi dan media digunakan pada kegiatan uji validasi produk. Lembar respon digunakan pada kegiatan uji kepraktisan produk. Tes digunakan untuk menguji kompetensi peserta didik selama pembelajaran pada kegiatan uji keefektifan produk. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan kualitas produk E-LKPD berbantu Liveworksheet materi Trigonometri yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase kevalidan sebesar 90,75%. Berdasarkan hasil uji kepraktisan, E-LKPD berbantu Liveworksheet materi trigonometri memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 85,7%. Berdasarkan hasil tes uji keefektifan, E-LKPD berbantu Liveworksheet materi Trigonometri memenuhi kriteria sangat efektif dengan rata-rata nilai 90,16.  Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan dengan 4 validator ahli, hasil uji kepraktisan yang dilakukan dengan 10 peserta didik dan hasil tes uji keefektifan oleh 30 peserta didik, disimpulkan bahwa E-LKPD berbantu Liveworksheet materi Trigonometri dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif.

References

Alfianika, N., & Marni, S. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa berbasis Komik pada Materi Menulis Poster dan Slogan. Jurnal Kependidikan, 3(1), 43-52.

Apriliyani, S.W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, (491-500). Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Branch, R.M., (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. London: Springer Science + Business Media.

Farman, Hali, F., & Rawal, M. (2021). Development of E-LKPD Using Live Worksheets for Online Mathematics Learning during Covid-19. Journal of Mathematics Education, 6(1), 36-42. https://doi.org/10.31327/jme.v6i1.1626.

Fauzi, A., Rahmatih, N., Indraswati, D., Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232-240. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277.

Isharyadi, R., & Ario, M., (2019). Praktikalitas dan Efektivitas Modul Geometri Transformasi Berbantuan Geogebra bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal BSSI, 1(2), 86-93. https://doi.org/10.30606/absis.v1i2.93.

Murti, Wijayanto, & Hartono. (2018). Studi Komparasi antara Tes Testlet dan Uraian dalam Mengukur Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gombong. Unnes Physics Education Journal, 7(1), 23-31. https://doi.org/10.15294/upej.v7i1.22469.

Nurdiyanto, T., Hartono, Y., & Indaryanti. (2020). Pengembangan LKPD Materi Trigonometri Berbasis Generative Learning di Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 51-63. https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6798.51-66.

Puspita, V., & Dewi, I.P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86-96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456.

Risnayati, C. (2020). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Teknik Klos. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 107-124. http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/pedagogia.

Sari, N. S., Farida, N., & Rahmawati, D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning untuk Melatih Literasi Matematika. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11-23. https://doi.org/10.24127/emteka.v1i1.377.

Sudarman, S.W., Sudarman, & Rahmawati, Y. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Liveworksheet Pada Mata Kuliah Metode Numerik. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.(40-51). Metro: Universitas Muhammadiyah Metro.

Published
2023-03-19
Section
Articles