REKOGNISI KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA DALAM MENGGUNAKAN INSTRUMEN TES DAN NON TES: STUDI KASUS DI SMPN 3 WOHA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru matematika dalam menggunakan dan mendesain instrumen tes maupun non tes. Subjek penelitian ini adalah 2 Orang guru matematika di SMPN 3 Woha. Adapun data didapatkan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi yang dibantu dengan adanya instrumen pedoman wawancara dan rekaman audio pada telepon genggam. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi kasus (case study) dan analisis data penelitian menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru matematika di SMPN 3 Woha menggunakan instrumen tes dalam bentuk soal pilihan ganda (multiple choice test), soal esai dan tes lisan, sedangkan untuk instrumen non tesnya adalah penilaian praktek, portofolio, dan penilaian pengamatan lingkungan yang berbasis problem solving. Kendala yang dihadapi dalam melaksanakan penilaian maupun mendesain instrumen tes dan non tes sebagian besar berasal dari peserta didik. Guru mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan mendesain dan menggunakan alat tes dan non tes dari diklat yang diselenggarakan oleh kementerian agama dan dinas pendidikan, baik yang berskala daerah maupun nasional.
References
Ansyar, M. (2015). Kurikulum Hakikat, Fondasi, Desain & Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Anwar, S., & Fakhruddin, A. (2016). Pelaksanaan Standar Penilaian Oleh Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah (Studi Evaluatif terhadap Guru PAI SMP dan SMA di Bandung). Ta'lim, 14(2), 139-155.
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik & Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Azizah, N., & Zainuddin, M. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SMK 1 Muhammadiyah dan SMK 2 Muhammadiyah Kota Palembang). Edification, II(2), 134-143.
Baktayan, S. Y., Sa’dullah, A., & Hidayatullah, M. F. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa Di SMP Islam Sabilurrosyad Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 181-190.
Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31-42.
Fitrah, M., & Lutfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kasus & Studi Kasus. Sukabumi: Jejak Publisher.
Fitrah, M., & Ruslan, R. (2021). Eksplorasi Sistem Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 di Bima. Jurnal Basicedu, 5(1), 178-187.
Hajaroh, S., & Adawiyah, R. (2018). Kesulitan guru dalam mengimplementasikan penilaian autentik. El Midad, 10(2), 131-152.
Hasibuan, H. (2016). Studi Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Forum Paedagogik, 8(02), 14-38.
Muchith, M. S. (2016). Guru PAI yang Profesional. Quality, 4(2), 218-235.
Huda, H., & Rofi, S. (2021). Upaya Guru Pai Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di Smp Negeri 3 Purwoharjo. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 4(02), 159-167.
Ismail, S., & Hadiana, E. (2021). Kompetensi Guru Zaman Now Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 4(02), 113-124.
Kamiludin, K., & Suryaman, M. (2017). Problematika pada pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 58-67.
Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat memanipulasinya. Bintang, 2(2), 244-257.
Marwiyah, S., Kamid, K., & Risnita, R. (2015). Pengembangan instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPA terpadu materi atom, ion, dan molekul SMP Islam Al Falah. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1).
Maryani, S., Nurhayati, N., Nurshiami, S. R., & Reorita, R. (2022). Pelatihan GeoGebra untuk Mata Pelajaran Geometri di MGMP Matematika SMA Kabupaten Purbalingga. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(05), 335-341.
Muhajir. (2019). "Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Melaksanakan Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 6 Makassar". Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Nuriana, D. (2019). Kendala Guru Dalam Memberikan Penilaian Sikap Siswa Pada Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 51-62.
Ompusunggu, V. D. K., & Sari, N. (2019). Penggunaan edmodo sebagai media pembelajaran matematika. Jurnal Curere, 3(1).
Palobo, M., & Tembang, Y. (2019). Analisis kesulitan guru dalam implementasi kurikulum 2013 di Kota Merauke. Sebatik, 23(2), 307-316.
Pratiwi, L. D. (2012). Penilaian hasil belajar matematika di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. JPK: Jurnal Pendidikan Khusus, 1(01), 01-08.
Riadi, A. (2017). Kompetensi Guru dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 52-67.
Sholeh, M. (2017). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 41-54.
Sulistiati. (2017). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penilaian Autentik di SMA Negeri 1 Arga Makmur. Al-Bahtsu, II(143-155).
Suryani, S. (2019). "Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Menyusun dan Menggunakan Instrumen Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik SMAN 16 Makassar". Skripsi. Makassar: UIN Alauddin Makassar.
Syai'dah, U., Amaliyah, & Ismail, Y. (2016). Kemampuan Guru PAI dalam Merencanakan dan Melaksanaan Penilaian Autentik. Jurnal Studi Quran, 12(2), 143-157.
Suwandani, R. A., Karma, I. N., & Affandi, L. H. (2020). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Autentik Di SDN Gugus 1 Kecamatan Janapria. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 2(1), 24-30.
Zuhera, Y., Habibah, S. H., & Mislinawati, M. (2017). Kendala Guru Dalam Memberikan Penilaian Terhadap Sikap Siswa Dalam Prosespembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Sd Negeri 14 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).
Zainal, N. F. (2020). Pengukuran, assessment dan evaluasi dalam pembelajaran matematika. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 8-26.
Copyright (c) 2023 EMTEKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with EMTEKA: Jurnal Pendiidkan Matematika agree to the following terms
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EMTEKA: Jurnal Pendiidkan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. EMTEKA offers all authors of journal articles allows their research openly available, free access and time restrictions.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in EMTEKA in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of AKSIOMA are required to cite the original source, including the author's names, EMTEKA as the initial source of publication, year of publication, volume number and DOI (if available)