UPAYA MENINGKATKAN HASIL DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SAAT MENERAPKAN PTMT

  • Nanda Arista Rizki Universitas Mulawarman
  • Asnawati Asnawati Univesitas Mulawarman
  • Jefferson R. Watulingas Univesitas Mulawarman
Keywords: Classroom action reseach, Limited face-to-face meetings

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil dan minat belajar matematika Siswa Kelas VII SMPN 27 Samarinda saat menerapkan Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) dalam situasi pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi, LKPD, LKPJ, tes akhir siklus, dan kuesioner minat belajar Matematika Siswa. Subjek penelitian adalah Siswa kelas VII-A sebanyak 31 Siswa dan objek penelitian adalah model PjBL dengan pendekatan saintifik. Hasil analisis data menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata hasil dan minat belajar Siswa pada setiap siklus serta berakhir hingga siklus ke tiga. Persentase Siswa yang tuntas meningkat mulai dari 25.8% pada siklus 1, lalu 74.2% pada siklus 2 dan diakhiri dengan 87.1% pada siklus 3. Sementara jumlah Siswa yang minimal berminat juga meningkat dari 55% pada siklus 1, lalu 65% pada siklus 2, dan diakhiri dengan 87% pada siklus 3. Model PjBL berhasil diimplementasikan karena adanya diskusi perencanaan tindakan berbeda bersama observer yang dilaksanakan sesuai dengan hasil refleksi siklus sebelumnya.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2014). Pembelajaran tematik, terpadu, terintegrasi (kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.

Fathurrohman, M. & Sulistyorini. (2012). Belajar dan pembelajaran: Meningkatkan mutu pembelajaran sesuai standar nasional. Yogyakarta: Teras.

Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870

Leksono, J. W. (2015). Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Proceeding FPTK, 1(3), 374–579.

Maharani, K. N. D., & Cahyono, H. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Problem Based Learning Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pitu. Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics, 1(2), 45-51.

Mubarok, R. (2022). Manajemen Lembaga Pendidikan dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 01–09. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i1.141

Munirah. (2018). Prinsip-Prinsip Belajar Dan Pembelajaran (Perhatian dan Motivasi, Keaktifan, Keterlibatan Langsung, Pengulangan, Tantangan dan Perbedaan Individu). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 116-125. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a10.2018

Onde, M. K. L. O., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400-4406. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1449

Purwanto, M. N. (2016). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahayu, Y. M. (2017). Pengaruh Perubahan Kurikulum 2013 Terhadap Perkembangan Peserta Didik. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 18(3), 22–42.

Rahman, A. (2022). Project Based Learning sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Pekalongan: Penerbit NEM.

Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289–293.

Sitorus, W. I., & Sojanah, J. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Keterampilan Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 233-238. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11769

Sunita, N. W., Mahendra, E., & Lesdyantari, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Widyadari : Jurnal Pendidikan, 20(1), 127-145. https://doi.org/10.5281/zenodo.2655018

Suyanto, F. X. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran Untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80-90. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272

Vahlia, I., ES. Y. R. & Anjar, T. (2017). Efektivitas Pendekatan Saintifik Berbasis Group Investigation dan Discovery Learning Ditinjau Dari Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Aksioma, 6(1), 128-135.

Zalsabella, M. P., Darmadi, D., Ningrum, P. P., Yuliarisma, S. A., Safitri, A., Prasetyo, Y. E., & Nabila, R. F. (2020). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Perasaan Tertekan Pada Siswa Kelas Tujuh SMP Saat Memahami Konsep Matematika. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 294-298. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1305

Published
2023-09-02
Section
Articles