IDENTIFIKASI KESALAHAN MAHASISWA PADA INTEGRAL LIPAT DUA BERDASARKAN NEWMANN’S ERROR ANALYSIS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan mahasiswa dan menjelaskan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan pada mata kuliah kalkulus peubah banyak khususnya pada integral lipat dua berdasarkan Newmann’s Error Analysis ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan matematika Universitas PGRI Ronggolawe Tuban angkatan 2021, kemudian dipilih 2 mahasiwa perempuan dan 2 mahasiswa laki-laki. Data penelitian diperoleh dari tes tertulis dan wawancara. Hasil analisis dengan menggunakan Newmann’s Error Analysis, letak kesalahan mahasiswa perempuan yaitu pada kesalahan pemahaman (comprehension error) dan kesalahan pengkodean/penentuan jawaban akhir (encoding error). Sedangkan untuk mahasiswa laki-laki melakukan kesalahan kesalahan dalam proses penyelesaian permasalahan (process skills error), kesalahan pemahaman (comprehension error), dan kesalahan pengkodean (encoding error).
References
Afifah, D. S. N., Nafi’an, M. I., & Ika Mariana Putri. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 6(2). https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.8590
Bulu, V. R. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Metode Newmann. Journal of Honai Math, 3(1), 41–56.
Chamundeswari, S. (2014). Conceptual Errors Encountered in Mathematical Operations in Algebra Among Students at The Secondary Level. International Journal of Innovative Science, Engineering & Technology, 1(8), 24–38.
Farhan, M., & Zulkarnain, I. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Berdasarkan Newmann’s Error Analisis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 121. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3843
Kusuma, R. V., Hidayanto, E., & Chandra, T. D. (2022). Proses Pemecahan Masalah Trigonometri Berdasarkan Teori John Dewey Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1830–1845. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1403
Lestari, D. (2015). Pendidikan Karakter Dan Gaya Belajar Dalam Pembelajaran Kalkulus. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 5(1). https://doi.org/10.12928/admathedu.v5i1.4778
Lipianto, D., & Budiarto, M. T. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikaan Soal Yang Berhubungan Dengan Persegi Dan Persegi Panjang Berdasarkan Taksonomi Solo Plus Pada Kelas VII. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains.
Machromah, I. U., & Purnomo, M. E. R. (2017). Process Skill Error: the Majority Student’S Error in Problem Solving of Integral Calculus. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(3), 358. https://doi.org/10.26858/jds.v5i3.4843
Mirna, M. (2018). Errors Analysis of Students in Mathematics Department to Learn Plane Geometry. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012116
Nasution, N. B. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pada Materi Fungsi Dua Peubah Dengan Newmann’S Error Analysis (Nea). Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 21. https://doi.org/10.31941/delta.v6i1.730
Novak, J. (1987). Misconceptions and Educational Strategies in Science and Mathematics. Proceedings of the International Seminar (2nd, Ithaca, New York, July 26-29, 1987). Proceedings of the 2. Int. Seminar "Misconception and Educational Strategies in Science and Mathematics., 3. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED293686.pdf#page=49
Nurmalitasari, D. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak di STKIP PGRI Pasuruan. Educazione, 5(1), 2013–2015.
Rahmawati, D., & Vahlia, I. (2022). ANalisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Berdasarkan Newman Ditinjau Dari Gaya Berpikir Sekuensial Abstrak. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 206-218.
Rahmawati, F., Nurul A.A, Lia L., Silfiana, S., Novia A., & Bagas, S. B.. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemaritiman dengan Prosedur Newman Ditinjau dari Gender. Saintara : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Maritim, 5(2), 1–7. https://doi.org/10.52488/saintara.v5i2.94
Rosyadi, A. A. P. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Penemuan Terbimbing Pada Matakuliah Kalkulus. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 11. https://doi.org/10.33474/jpm.v2i1.201
Salamah, D. P., & Amelia, R. (2020). Analisis kesalahan berdasarkan tahapan Newman Terhadap Materi Peluang Kejadian Majemuk Ditinjau dari Gender dan Self Confidence Pada Siswa Kelas XII SMK Di Bandung. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 273–284. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.273-284
Setiani, L. E. N., Vahlia, I., Farida, N., & Suryadinata, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri Berdasarkan Teori Newman Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(2), 89-99.
Siswandi, E. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Materi Persamaan Diferensial Berdasarkan Metode Newman Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(1), 61–67.
Siswandi, E., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual pada Materi Segiempat berdasarkan Analisis Newman Ditinjau dari Perbedaan Gender (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMPN 20 Surakarta). Jurnal Elektroik Pembelajaran Matematika, 4(7), 633–643.
Suastika, I. K., & Suwanti, V. (2019). College Student’s Error Analysis Based On Their Mathematical Connections On Graph Representation. 1, 18–23.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wasqita, R., Sukoriyanto, & Hafiizh, M. (2021). Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fungsi Kompleks. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya.
Copyright (c) 2023 Rachmalia Vinda Kusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with EMTEKA: Jurnal Pendiidkan Matematika agree to the following terms
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EMTEKA: Jurnal Pendiidkan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. EMTEKA offers all authors of journal articles allows their research openly available, free access and time restrictions.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in EMTEKA in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of AKSIOMA are required to cite the original source, including the author's names, EMTEKA as the initial source of publication, year of publication, volume number and DOI (if available)