DEVELOPMENT OF PROBLEM BASED LEARNING TEACHING MATERIALS BY ISPRING MEDIA TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES
Abstract
Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan iSpring Suite 10 pada materi transformasi geometri. Siswa SMA Swasta Amir Hamzah yang tidak memiliki bahan ajar elektronik, sehingga hasil belajar siswa rendah. Teknik yang digunakan pada penelitian ini dengan memberikan lembar angket untuk mengukur validasi dan kepraktisan produk, dan lembar tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAS Amir Hamzah Medan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar wawancara, kuesioner kevalidan, kuesioner kepraktisan, lembar pretest dan lembar posttest. Berdasarkan hasil validasi materi, media dan bahasa diperoleh rata-rata keseluruhan 88% dengan reliabilitas sebesar 1,382. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat valid dan tingkat layak tinggi serta dapat digunakan. Hasil uji coba diperoleh respon siswa berdasarkan angket sebesar 66% dengan kriteria praktis dan hasil belajar siswa menunjukkan persentase rata-rata 79% dengan kriteria efektif. Peningkatan hasil belajar siswa didapat 0,54 dengan kriteria sedang menggunakan skala N-gain. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar Problem Based Learning (PBL) berbantuan iSpring Suite 10 pada materi transformasi geometri.
References
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Agustina, R. & Vahlia, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Aksioma, 5(2), 152-158.
Bakhruddin, M., Shoffa, S., Holisin, I., Ginting, S., Fitri, A., Lestari, I. W., Pudyastuti, Z. E., Zainuddin, M., Alam, H. V., & Kurniawan, N. (2021). strategi belajar mengajar. CV. AGRAPANA MEDIA.
Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital (1st ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Daryanto, & Suryanto, B. (2022). Pembelajaran Abad 21 (1st ed.). Gava Media.
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction (8th ed., Issue 1). Pearson.
Fatayah, F., Yuliana, I. F., & Muf’idah, L. (2022). Analisis Validitas Dan Reliabilitas Dalam Mendukung Ketuntasan Belajar Model STEM. Jurnal Buana Pendidikan, 18(1), 49–60.
Firdha, N., & Zulyusri. (2022). Penggunaan iSpring Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 101–106. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.101-106
Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2018). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. PT RajaGrafindo Persada.
Hardiansah, D. (2022). Kurikulum Merdeka dan Paradigma Pembelajaran Baru (R. Veronika (ed.); 1st ed.). Yrama Widya.
Komariya, K., Farida, N., & Vahlia, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran FSLC Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 96-102.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. PT Bumi Aksara.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60–64.
Octavianis, R., Subroto, W. T., & Susanti, S. (2022). Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Berbasis IT dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Kearsipan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Sunan Giri Menganti. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(3), 211–222. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n3.p211-222
Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. (2021). Instruksi Gubernur Sumatera Utara Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 Di Provinsi Sumatera Utara (Nomor 188.54/39/INST/2021).
Peraturan Menteri Pendidikan. (2021). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses.
Pribadi, B. A., & Putri, D. A. P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar (2nd ed.). Universitas Terbuka.
Prihatin, I. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Ispring Suite Pada Materi Eksponen Dan Logaritma. Journal Evaluation in Education (JEE), 3(1), 24–31. https://doi.org/10.37251/jee.v3i1.214
Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069
Ratnawulan, E., & Rusdiana. (2019). Evaluasi Pembelajaran. CV. Pustaka Setia.
Siregar, R., Siagian, M. D., & Suwanto. (2021). Jurnal MATEMATICS PAEDAGOGIC. Matematics Paedagogic, 6(1), 31–38. https://doi.org/https://doi.org/10.36294/jmp.v6i1.2325
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Alfabeta.
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Wahyuni, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Ispring Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Bone Kabupaten Bone. Jurnal Biology Teaching and Learning, 3, 87–92.
Copyright (c) 2023 Muhammad Zakaria Manurung, Bambang Irawan, Rosliana Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with EMTEKA: Jurnal Pendiidkan Matematika agree to the following terms
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EMTEKA: Jurnal Pendiidkan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. EMTEKA offers all authors of journal articles allows their research openly available, free access and time restrictions.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in EMTEKA in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of AKSIOMA are required to cite the original source, including the author's names, EMTEKA as the initial source of publication, year of publication, volume number and DOI (if available)