PENERAPAN TEKNIK SCAFFOLDING DALAM MENGURANGI MATHEMATICS ANXIETY SISWA PADA MATERI PELUANG
Abstract
Kesulitan belajar matematika salah satunya dilatar belakangi rasa cemas. Tingkat kecemasan dilihat dari respon siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Proses meminimalkan kondisi tersebut guna didapat hasil belajar yang lebih baik diperlukan teknik pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan kognitif siswa. Teknik pembelajaran yang bersesuaian dengan hal tersebut adalah teknik scaffolding. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika ditinjau kecemasan matematika pada materi peluang kelas X SMAN 2 Seunuddon serta hasil penerapan teknik scaffolding untuk mengatasi tingkat kecemasannya. Pendekatan penelitian berbentuk kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian siswa kelas X-2. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, angket, dan wawancara yang selanjutnya dianalisis menggunakan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan data. Berdasarkan hasil tes diperoleh kesulitan belajar fakta, konsep, operasi dan prinsip masing-masing sebesar 58%, 50%, 58% dan 75%. Melalui wawancara didapati faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar, yaitu : kesulitan memahami materi peluang, adanya faktor gangguan pada fisik siswa, kurangnya minat untuk mempelajari matematika, kurangnya motivasi diri, guru kurang menarik dalam menyampaikan materi, kurangnya motivasi dari orang tua dan sarana yang kurang memadai. Selanjutnya, dilakukan teknik scaffolding tipe enviromental provisions. Hasil tes setelah dilakukan teknik tersebut didapati kesulitan belajar fakta, konsep, operasi dan prinsip masing-masing sebesar 8%, 8%, 8% dan 41%. Dengan demikian disimpulkan penggunaan teknik teknik scaffolding tipe enviromental provisions memberikan penurunan signifikan pada kesulitan siswa yang disebabkan oleh rasa cemas dalam mengerjakan soal cerita pada materi peluang.
References
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611-1622. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
Djamarah; bahri, S; Zain, A. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Handayani, S. D. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Pemahaman Konsep Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1)., 59-65. https://doi.org/10.30998/sap.v4i1.3708
Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28
Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kusmaryono, I. . et al. (2020). Strategi Scaffolding Pada Pembelajaran Matematika. Semarang: Unissula Press.
Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematis Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 75-83.
Sari, N., & Surya, E. (2017). Efektivitas Penggunaan Teknik Scaffolding Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Smp Swasta Al-Washliyah Medan. Edumatica, 7(1), 1–10.
Taufiq Hidayat, A., Mujtahid, Z., Elisyah, N., & Qausar, H. (2022). Analisis Data Longitudinal dalam Mendeteksi Faktor Substansial yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa MA Al Hikmah 2 Benda Brebes. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 74–78.
Utami, A. H., & Warmi, A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Ditinjau Dari Rasa Kecemasan Matematika. Sesiomadika Journal, 1(1), 617–622.
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Prosiding Sesiomedika. 3(4), 534–540.
Vygotsky, Z. D. P. (2009). Dalam Pembelajaran Matematika. 527–530.
Wahyudi, A. W. (2023). Penerapan Teknik Scaffolding Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 1(2), 133-142.
Wantika, & Masykur, D. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Ditinjau Dari Kecemasanpeserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Kotaagung Kab . Tanggamus Tahun Pelajaran 2016 / 2017 Analysis Of Learning Difficulties In Understanding Affordability Participants. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 1–3. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index
Yoshikawa, H. (1975). Effect Of Normovolemic Anemia With Hes On Distribution Of Cardiac Output In Dogs (Japanese). Japanese Journal of Anesthesiology, 24(1), 12–17.
Yunita D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 112–126.
Copyright (c) 2023 Amam Taufiq Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with EMTEKA: Jurnal Pendiidkan Matematika agree to the following terms
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EMTEKA: Jurnal Pendiidkan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. EMTEKA offers all authors of journal articles allows their research openly available, free access and time restrictions.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in EMTEKA in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of AKSIOMA are required to cite the original source, including the author's names, EMTEKA as the initial source of publication, year of publication, volume number and DOI (if available)