ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN GOBAK SODOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

  • Sinta Widya Ningtias IAI Tulang Bawang
  • Rahayu Soraya STKIP Al-Islam Tunas Bangsa
Keywords: ethnomathematics, gobak sodor, mathematics

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji etnomatematika dalam permainan tradisional gobak sodor pada konsep-konsep matematika di tingkat Sekolah Dasar seperti bangun datar, operasi bilangan, hubungan antar garis, konsep kekongruenan dan penyajian serta pengolahan data. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi untuk memperoleh gambaran analisis secara mendalam tentang suatu budaya berdasarkan hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan analisis data triangulasi yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan terdapat unsur-unsur matematika sekolah dasar dalam permainan gobak sodor berupa bangun datar, operasi bilangan, hubungan antar garis, konsep kekongruenan dan penyajian serta pengolahan data. Dengan adanya permainan tradisional dalam pembelajaran matematika dapat memberikan manfaat yaitu memvisualisasikan pembelajaran matematika dalam bentuk nyata sehingga siswa lebih mudah memahami konsep-kansep matematika.

References

Afifi, R. N., Trapsilasiwi, D., & Yudianto, E. (2019). Etnomatematika Pada Bangunan Tempat Ibadah Tri Dharma Hoo Tong Bio Berdasarkan Konsep Geometri Sebagai Bahan Ajar Siswa. Kadikma, 10(1), 25–34.

Almabruri, M. L., Kholifah, N., & Jannah, R. (2020). Pendidikan dan Budaya. Jurnal Ilmiah Al Hadi, 5(2), 142-152.

Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika pada permainan dengklaq sebagai media pembelajaran matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408–419.

Harianti, E. (2017). Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Permainan Go Back Through The Door (Gobak Sodor) Dan Problem Posing Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas Iv Mi Nurul Jannah Sawaran Lor. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(3), 481–490.

Imaniyah, A., & Zuroida, R. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Konsep Geometri dan Bilangan dalam Permainan Gobak Sodor. Matematika Dan Matematika, 2(2721), 1–9.

Iskandar, D. (2021). Etnomatika pada permainan setatak sebagai bahan pembelajaran bangun datar (lingkaran, persegi dan persegi panjang). Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 4(2), 52–56.

Mahardika, I. K. A. D., Parmajaya, I. P. G., & Suardipa, I. P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Assure Berorientasi Pada Permainan Tradisional Selodoran Berbasis Kearifan Lokal Sangkep Terhadap Peningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 3(1).

Mawati, D. A. (2018). Pengembangan Model Permainan Tradisional Gobak Sodor Siswa Kelas III SD Negeri 1 Campang Raya.[Skripsi]. Lampung: FTK UIRIL.

Pramadanita, A., & Nopiyanto, Y. E. (2023). Sosialisasi Permainan Tradisional Gobak Sodor Pada Anak-Anak Di Desa Pekik Nyaring. Jurnal Dharma Pendidikan Dan Keolahragaan, 3(1), 22–29.

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12.

Rohmatun, Y. (2020). Asyiknya Belajar Pengukuran Garis dan Sudut. Alprin.

Setyawati, A., Soebagyo, J., & Sunni, J. F. (2023). Ethnomathematics Exploration in the Galasin Traditional Games in Jakarta on Mathematical Concepts. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11 (1), 58–65.

Soraya, R., Widya Ningtias, S. W. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Articulate Storyline Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran, 5(1), 94-101.

Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Dengan Pendekatan RME Berbasis Aplikasi Schoology. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 9–18.

Sumiyati & Purwati.(2022). Implementasi Etnomatematika Melalui Permainan Tradisional “Gobag Sodor” Pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal Lensa PENDAS, 7(2), 77-84.

Susanti, R., Sudarman, & Vahlia, I. (2022). Pengembangan Video Tutorial Berbasis Etnomatematika pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 10(4), 392–404.

Syamil, M. F., Vahlia, I., & Sudarman, S. W. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantu Aplikasi Powtoon Disertai Nilai-Nilai Islam Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 95-108.

Published
2024-03-15
Section
Articles