ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM 2013 DI MTS SAINS ALGEBRA KOTA SORONG
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil RPP guru matematika kelas VII dan IX di MTs Sains Algebra Kota Sorong apakah sudah memenuhi standar kurikulum 2013 atau belum, (2) untuk mendeskripsikan kendala guru matematika dalam menyusun RPP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini dalah guru matematika kelas VII dan IX di MTs Sains Algebra Kota Sorong yang terdiri dari 2 guru matematika. Objek penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat oleh guru. Data diperoleh melalui dokumentasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) hasil analisis RPP berdasarkan pedoman analisis RPP Guru matematika kelas VII dan Guru matematika kelas IX adalah 91,758 dan 92,206. Sedangkan hasil penyusunan RPP Kurikulum 2013 adalah 97,5% dalam penyusunan keduanya termasuk kategori “Amat baik” sesuai standar kurikulum 2013. (2) Kendala guru dalam menyusun RPP yaitu menentukan strategi pembelajaran guru harus menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik yang berbeda-beda dan mencari berbagai metode pembelajaran agar peserta didik lebih bisa memahami materi yang diajarkan. Kendala tersebut diatasi dengan meningkatkan perhatian khusus pada peserta didik yang mempunyai kemampuan yang kurang.
Kata kunci: kurikulum 2013; matematika; RPP
ABSTRACT
This research aims to (1) find out the results of the lesson plans for mathematics teachers in grades VII and IX at MTs Sains Algebra in Sorong City, whether they have met the 2013 curriculum standards or not, (2) to describe the constraints mathematics teachers compiling RPP. This research is a qualitative descriptive study. The subjects of this study were mathematics teachers in grades VII and IX at MTs Sains Algebra in Sorong City, which consisted of 2 math teachers. The object of this research is the Learning Implementation Plan (RPP) that has been made by the teacher. Data obtained through documentation, questionnaires, and interviews. The results of the data analysis are then concluded according to the research problem.92,206. Meanwhile, the results of the preparation of the RPP The 2013 curriculum is 97.5% in preparation both are included in the "Very good" category according to the 2013 curriculum standard. (2) Teachers' obstacles in preparing lesson plans is determining teacher learning strategies must adapt to different student characteristics and look for various learning methods so that students can better understand the material being taught. These obstacles are overcome by increasing special attention to students who have less ability.
Keywords: curriculum 2013; mathematics; RPP
References
Andriani, R. (2016). “Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Disposisi Matematis peserta didik.” Jurnal Pena Ilmiah. 1(1),120-127.
Anwar, Z., Kahar, M. S., Rawi, R. D. P., Nurjannah, N., Suaib, H., & Rosalina, F. (2020). Development of Interactive Video Based Powerpoint Media In Mathematics Learning. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(2), 167-177.
Fathurrahman, M., & Kahar, M. S. (2020). Workshop Penguatan Media Pembelajaran Online Onenote Classroom Di Sma Muhammadiyah Kota Sorong. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 2(1), 57-61.
Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1). 34-44.
Harahap, S. R. (2020). Konseling: Kebiasaan Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 10(1), 30-35.
Kahar, M. S., & Layn, M. R. (2018). Analisis Respon Peserta Didik dalam Implementasi Lembar Kerja Berorientasi Pemecahan Masalah. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 292-300.
Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 279-295.
Kahar, M. S. (2018). Assesmen Portofolio untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(2), 53-61.
Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013.
Nurzain, L. (2015). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika Kurikulum 2013 Kelas X Semester 1 Tahun Ajaran 2014/2015 Di Man Babakan Tegal (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).
Paolini, A. (2015). “Meningkatkan Efeltivitas Pengajaran Dan Hasil Belajar peserta didik.”Jurnal Pengajarah Efektif 15(1), 20-33.
Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran Fiqh dengan Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran,14(1), 190-220.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan,20(2), 166-178.
Sinambela, P. N. (2017). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2), 17-29.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1) 35-43.
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2) 122-131.
Stein, R. A. (2020). COVID‐19 and rationally layered social distancing. International journal of clinical practice, 74(7) e13501, 1-3.
Suhartono, S. (2018). Mengajarkan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 215-227.
Vos, M. A. (2010). Teachers implementing context-based teaching materials: a framework for case-analysis in chemistry. Chem. Educ. Res. Pract., 11(3), 193–206. https://jurnal.doi.org/10.1039/C005468M.
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika provides open access to its content, promoting global knowledge exchange. All articles are freely available for reading and downloading. Under the CC-BY license, authors retain copyright but grant others permission to use the content, provided proper attribution is given. Users must cite the original source, including the author(s), EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika as the publisher, publication year, volume, and DOI (if available).