INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERBASIS MOBILE ANDROID UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN SPASIAL VISUAL SISWA SMP KELAS VIII

  • Arlin Astriyani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Alliya imani zahra Universitas Muhammadiyah Jakarta
Keywords: ADDIE, learning, media, visual spatial intelligence

Abstract

ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis mobile android yang bertemakan game among us. Latar belakang penelitian ini adalah rasa prihatin terhadap tingkat pemahaman siswa yang disamaratakan saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Pada dasarnya setiap siswa memiliki kecerdasan majemuk yang jika dipahami dapat membantu guru menyampaikan materi pembelajaran, terutama materi pembelajaran matematika sesuai dengan cara belajar siswa. Media pembelajaran berbasis mobile android ini menggunakan Smart App Creator 3 dan aplikasi desain lainnya. Media ini diperuntukkan bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat kelas 8 khususnya dengan kecerdasan spasial visual meliputi materi aritmatika sosial. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Pada metode penelitian R&D¸ dilakukan beberapa tahap pengukuran kualitas media meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan telah memenuhi kriteria-kriteria yang ditentukan dan bersifat valid, praktis, serta efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Kesimpulan hasil penelitian yang didapatkan dari media pembelajaran interaktif ini adalah valid, praktis, dan efektif. Hal ini dibuktikan dengan penilaian akhir 83,33% dari para ahli, 89,6% dari respon guru, serta 90% dari respon siswa, penilaian tersebut termasuk dalam kategori sangat layak dan tidak revisi.

Kata kunci: ADDIE; media; kecerdasan spasial visual; pembelajaran

 

ABSTRACT 

This study aims to produce mobile-based interactive learning media Android with the theme of games among us. The background of this research is concern to a generalized level of student understanding during the teaching and learning process take place. Basically every student has multiple intelligence if understood can help teachers deliver learning material, especially learning material mathematics according to the way students learn. Android mobile based learning media it uses Smart App Creator 3 and other design apps. This medium is intended for junior high school students (SMP) and the equivalent grade 8, especially with Visual spatial intelligence includes social arithmetic material. The method used in this research is research and development (Research and Development / R & D). In the R & D research method, several stages of measuring the quality of the media are carried out including: validity, practicality, and effectiveness. Based on the research that can be done It is concluded that the product has met the specified criteria and is valid, practical, and effective for use in learning. Conclusion The research results obtained from this interactive learning media are valid, practical, and effective. This is evidenced by the final assessment of 83.33% of the experts, 89.6% of the experts teacher response, as well as 90% of student responses, the assessment is in the very category worthy and not revision.  

Keywords: ADDIE; learning; media; visual spatial intelligence

References

Depdiknas. (2016). Permendiknas No 22 Tahun 2016 Tentang Standar Isi. Depdiknas. Jakarta.

Ernawati, L. (2017). Pengembangan High Order Thinking (HOT) Melalui Metode Pembelajaran Mind Banking dalam Pendidikan Agama Islam. Proceeding. (pp. 189-201). Lamongan: Darul ‘Ulum Islamic University.

Paramitha, Nandya. (2017). Analisis Proses Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Aritmatika Sosial Siswa SMP Berkemampuan Tinggi. Jurnal Mitra Pendidikan (JPM Online. 1(10), 984.

Pramuditya, S. A., Noto, M. S., Purwono, H. (2018). Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. 2(2), 168–169.

Pratiwi, I. (2019). Efek Program PISA Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal DIKBUD. 4(1), 61-62.

Rohmah, R.N, Maulida, W.A, Sari, P, Pangasta, D.G.D, & Deddiliawan, A. (2019). Pengembangan Mantri Caino: Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Etnomatematika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. 2 (2), 106.

Samura, A. O. (2015). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya. Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1), 69-79.

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. PRENADAMEDIA GRUP. Jakarta.

Subroto, T. (2016). Kemampuan Spasial (Spatial Ability). Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika “Pengembangan Keterampilan Berpikir serta Pembinaan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika”. Sumedang: STKIP Sebelas April Sumedang.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabet. Bandung.

Syarifah. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Garner. Jurnal Ilmiah Sustainable. 2(2), 176.

Published
2021-04-30
Section
Articles