PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL ALJABAR (VITUBAR) PADA SISWA PONDOK PESANTREN SALAFIYYAH TAHFIZHUL QUR’AN AHLUS SHUFFAH BALIKPAPAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dari media pembelajaran Video Tutorial Aljabar (VITUBAR) yang dikembangkan pada siswa Pondok Pesantren Salafiyyah (PPS) Tahfizhul Qur’an Ahlus Shuffah Gunung Binjai Tingkat Wustha (SMP/MTs) di Balikpapan Timur, mengetahui kepraktisan media pembelajaran Video Tutorial Aljabar (VITUBAR) yang dikembangkan pada siswa Pondok Pesantren Salafiyyah (PPS) Tahfizhul Qur’an Ahlus Shuffah Gunung Binjai Tingkat Wustha di Balikpapan Timur, mengetahui efektivitas media pembelajaran Video Tutorial Aljabar (VITUBAR) yang dikembangkan sebagai media pembelajaran matematika siswa Pondok Pesantren Salafiyyah (PPS) Tahfizhul Qur’an Ahlus Shuffah Gunung Binjai Tingkat Wustha di Balikpapan Timur. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Salafiyyah (PPS) Tahfizhul Qur’an Ahlus Shuffah Gunung Binjai Tingkat Wustha di Balikpapan Timur. Model pengembangan yang digunakan dari model pengembangan Borg & Gall, yaitu pengumpulan data, perencanaan, desain produk awal, ujicoba awal, revisi produk, ujicoba lapangan, revisi dan penyempurnaan akhir produk. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran video tutorial aljabar (VITUBAR) dikatakan sangat valid dengan rara-rata persentase 89.59% yang didapat dari penilaian para ahli media dan ahli materi, Media pembelajaran video tutorial aljabar (VITUBAR) dikatakan sangat praktis dengan rata-rata persentase 85.18% yang didapat dari penilaian praktisi/guru dan siswa, Media pembelajaran video tutorial aljabar (VITUBAR) dikatakan sangat efektif yang ditunjukan dengan dengan persentase keberhasilan adalah 93.33% yang didapat dari hasil tes siswa.
Kata kunci: aljabar; media pembelajaran; vitubar
ABSTRACT
This development research aims to find out the validity of the learning media Video Tutorial Algebra (VITUBAR) developed on students Of Salafiyyah Boarding School (PPS) Tahfizhul Qur'an Ahlus Shuffah Gunung Binjai Level Wustha (SMP/MTs) in East Balikpapan, knowing the practicality of learning media Video Tutorial Algebra (VITUBAR) developed in students Pondok Pesantren Salafiyyah (PPS) Tahfizhul Qur'an Ahlus Shuffah Gunung Binjai Level Wustha in East Balikpapan, knowing the effectiveness of learning media Video Tutorial Algebra (VITUBAR) developed as a medium of mathematics learning students Pondok Pesantren Salafiyyah (PPS) Tahfizhul Qur'an Ahlus Shuffah Gunung Binjai Level Wustha in East Balikpapan. The method used in this research is Research and Development. This research was conducted at Pondok Pesantren Salafiyyah (PPS) Tahfizhul Qur'an Ahlus Shuffah Gunung Binjai Level Wustha in East Balikpapan. The development model used from the Borg &Gall development model, namely data collection, planning, initial product design, initial trials, product revisions, field trials, product revisions and refinements. The results of this research and development is a video learning media algebraic tutorial (VITUBAR) is said to be very valid with an average percentage of 89.59% obtained from the assessment of media experts and material experts, Video tutorial algebraic learning media (VITUBAR) is said to be very practical with an average percentage of 85.18% obtained from the assessment of practitioners / teachers and students, Algebraic video tutorial learning media (VITUBAR) is said to be very effective indicated by the percentage of success is 93.33% obtained from student test results.
Keywords: algebra; learning media; vitubar
References
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran . Jakarta: Rajawali Pers.
Baharuddin, Ilham. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2) 90-97.
Dasmo, Astuti, I. D., & Nurullaeli. (2017). Pengembangan Pocket Mobile Learning Berbasis Android. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 4(2), 71-76.
Fahmi, Syariful & Marsigit. (2014). Pengembangan Multimedia Macromedia Flash Dengan Pendekatan Kontekstual dan Keefektifannya Terhadap Sikap Siswa pada Matematika. PHYTAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 90-98.
Fitria, A. D., Mustami, M. K., & Taufiq, A. U. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X di SMA 1 Pitu Riase Kab. Sidrap. Jurnal Pendidikan Dasar Agama Islam, 4(2) 14-28.
Kusuma, D. H., Wahyuni, S., & Noviani, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemasaran Online di SMK Negeri 3 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis, 1(1), 1-12.
Mulyasa, E. (2016). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhidayah, Tahmir, S., & Karim, H. (2018). Pengembangan BIOMAGAZINE Terintegrasi Augmented Reality (AR) Pada Konsep Genetika di Sekolah Menengah Atas. UNM Journal of Biological Education, 2(1), 29-40.
Pritandhari, Meyta, & Ratnawuri, Triani. (2015). Evaluasi Penggunaan Video Tutorial sebagai Media Pembelajaran Semester IV Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammad Metro. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(2), 11-19.
Setiawati, E., Rahayu, H. M., & Setiadi, A. E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Pada Materi Animalia Kelas X SMAN 1 Pontianak. Jurnal Bioedocation, 4(1) 47-57.
Syahriar, H. A., & Rabiman. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sistem Rem pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Chasis dan Pemindah Tenaga. Jurnal taman Vokasi, 5(2), 152-158.
Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial dalam Pembelajaran sistem Pengapian di SMK. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 68-76.
Zamani, A. Z., & Nurcahyo, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), 89-100.
Authors who publish with EMTEKA: Jurnal Pendiidkan Matematika agree to the following terms
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EMTEKA: Jurnal Pendiidkan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. EMTEKA offers all authors of journal articles allows their research openly available, free access and time restrictions.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in EMTEKA in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of AKSIOMA are required to cite the original source, including the author's names, EMTEKA as the initial source of publication, year of publication, volume number and DOI (if available)