Analisis Penentuan Harga Jual Produk dengan Menggunakan Metode Cost Plus Pricing dan Target Profit Pricing untuk Memaksimalkan Keuntungan

  • Nita Oktaviana Universitas Muhammadiyah Metro
  • Suyanto Suyanto Universitas Muhammadiyah Metro
  • Gustin Padwa Sari Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Production Cost, Selling Price Determination, Cost Plus Pricing, Target Profit Pricing.

Abstract

This study aims to analyze the calculation of production costs and determination of selling prices applied by the Metro Jaya Rambak Gurih Cracker Factory and compare them with the costplus pricing method and target profit pricing. The research method used is a quantitative approach with data collection through observation, interviews, and documentation. The results of the study indicate that the total production costs according to the company reached IDR 154,726,000, while the calculation using the full costing method reached IDR 155,162,454. These findings indicate that the target profit pricing method provides the highest profit potential, which is IDR 38,788,096, compared to other methods. From the results of the analysis, it is recommended that the Metro Jaya Gurih Rambak Crackers Factory implement a cost calculation and pricing method that is more in accordance with accounting standards, and use the target profit pricing method to maximize profits.

References

Alviani, L., Ita, R. S., & Tri, M. (2019). Analisis penerapan metode full costing dalam perhitungan harga pokok produksi untuk penetapan harga jual. 7(1).
Amarulloh, H., & Nuraini, A. (2021). Pendampingan Perhitungan Harga Pokok Produksi Pendekatan Full Costing Dan Variable Costing Untuk Menentukan Harga Jual Menggunakan Metode Cost Plus Pricing. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(1), 57–66. https://doi.org/10.37641/jadkes.v2i1.477
Bakhtiar, B., & Akmal, S. (2021). Analisis Penentuan Harga Jual Produk Sirup Dengan Menggunakan Metode Target Profit Pricing. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 5(2), 125–133. https://doi.org/10.29103/sisfo.v5i2.6237
Bimantara Mochamad Fikri. (2023). Penentuan Harga Jual Slide Piece Cvt Berbahan Pphi Dan Serat Nanas Menggunakan Target Profit Pricing. 1–15.
Dian, P., Wawo, A., & Saiful, M. (2019). Harga Pokok Produksi Dalam Menentukan Harga Jual Melalui Metode Cost Plus Pricing Dengan Pendekatan Full Costing. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10(1), 111–132.
Gultom, H. J., Sebayang, E. S., & Sitorus, S. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perhitungan. Jurnal Ilmiah Skylandsea, 3(2), 87–95. https://www.politeknikmbp.ac.id/karya-ilmiah/dosen/category/60-volume-4-no-2-juli-2020.html?download=543:hamonangan-justinus-gultom1-erna-susilawaty-sebayang2-siska-sitorus3
Hartatik, S. (2019). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Full Costing Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Pada Ud. Mutia Meubel. Soscied, 2(2), 9–16. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v2i2.172
Hernanto. 2017. Akuntansi Biaya: Sistem Biaya Historis. Malang: ANDI dengan BPFE
Irawan, H. T., & Pamungkas, L. (2019). Penetapan Harga Jual Batu Bata Pada. 5(April), 1–9.
Julianto, B., & Agnanditiya Carnarez, T. Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Organisasi Professional: Kepemimpinan, Komunikasi Efektif, Kinerja, Dan Efektivitas Organisasi (Suatu Kajian Studi Literature Review Ilmu Manajemen Terapan). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 676–691. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.592
Kotler dan Amstrong. 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kurnia, E., Hesti, W., Apit, M., Eltivia, N., & Novi, N. (2017). Akuntansi Biaya. In Aditya Media Publishing.
Kurniawati, D. (2022). Analisis Total Biaya Produksi Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Produk dalam Meningkatkan Laba Pada UD. Tahu Assit. Journal of Economics and Social Sciences (JESS), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.59525/jess.v1i1.97
Meroekh, H. M. A., Rozari, P. E. De, & Foenay, C. C. (2018). Perhitungan Harga Pokok Produksi dalam Menentukan Harga Jual Melalui Metode Cost Plus Pricing (studi kasus padanpabrik tahu pink jaya oebufu di kupang). Journal Of Management, 7(2), 181–205.
Nyimas, B. R., Eman, S., & Dwi, Y. W. (2023). Jurnal Riset Manajemen , Bisnis , Akuntansi dan Ekonomi. 2(1), 51–82.
Oktavia Toar, Karamoy, H., & Wokas, H. (2017). Analisis Perbandingan Harga Jual Produk Dengan Menggunakan Metode Cost Plus Pricing Dan Mark Up Pricing Pada Dolphin Donuts Bakery the Analysis of Products Selling Price Comparison By Using Cost Plus Pricing and Mark Up Pricing Methods At Dolphin Donuts B. Jurnal EMBA, 5(2), 2040–2050.
Purwanti, A 2023. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat
Putri, A. G., & Kusumastuti, E. D. (2022). Analisis Penerapan Biaya Standar terhadap Pengendalian Biaya Produksi pada Javasublim. Indonesian Accounting Literacy Journal, 2(2), 337–346. https://doi.org/10.35313/ialj.v2i2.3162
Putri, A. U., Meiriasari, V., & Djuita, P. (2022). Penerapan Metode Cost Plus Pricing Dalam Keputusan Penentuan Harga Jual (Survey Lambemu Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 13(2), 132–136. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v13i2.2684
Rahmatika, D., Subekti, A. T., & Juliansyah, I. (2022). Analisis Penentuan Harga Jual Mesin Pengaduk Dodol Menggunakan Metode Cost Plus Pricing. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(01), 157–170. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i01.17300
Rolos, C. T., Pangemanan, S., & Budiarso, N. (2021). Analisis Penentuan Harga Jual Listrik Pada Pt Pln (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah Dan Gorontalo. Jurnal EMBA, 9(3), 1703–1710.
Sidik, P., & Denok, S. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Suhada, D. I., Rahmadani, D., Rambe, M., Fattah, M. A., Hasibuan, P. F., Siagian, S., & Wulandari, S. (2022). Efektivitas Para Pelaku Ekonomi dalam Menunjang Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. JIP : Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(8.5.2017), 2003–2005. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/angka-konsumsi-ikan-ri-naik-jadi-5648-kgkapita-pada-2022
Witjaksono, A. 2021. Akuntansi Manajemen Biaya: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Expert.
Published
2025-09-30
How to Cite
Oktaviana, N., Suyanto, S., & Padwa Sari, G. (2025). Analisis Penentuan Harga Jual Produk dengan Menggunakan Metode Cost Plus Pricing dan Target Profit Pricing untuk Memaksimalkan Keuntungan. Expensive: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 4(3), 376-387. https://doi.org/10.24127/exclusive.v4i3.10398
Section
Articles