Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pendapatan Usaha Dan Pengalaman Usaha Terhadap Pengembangan Usaha (Studi Kasus Pelaku Usaha Mikro Kota Metro)
Abstract
This research aims to determine the influence of accounting knowledge, business income and business experience on business development (Case Study of Micro Business Actors in Metro City). The type of research used is quantitative research. The instrument used in this research is a questionnaire. Data analysis was carried out using multiple linear regression analysis. The research results show that Accounting Knowledge has a positive and significant influence on business development. Business experience has a positive and significant influence on business development. Business income has a positive and significant influence on business development. Accounting knowledge, business experience and business income have a positive and significant influence together on business development
References
Akhbar Nurseta Priyandika (2019). Analisis Pengaruh jarak, Lama Usaha, Modal, dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Kaki Lima Konveksi (Studi Kasus di Kelurahan Purwodinatan Kota Semarang). Skripsi S1, Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Anoraga Pandji (2017). Pengantar Bisnis. Pengelolaan Bisnis Dalam Era Globalisasi. Jakarta : Rieneka Cipta
Choirul Hudha (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengetahuan Akuntansi dan Pelatihan Akuntansi Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Dimoderasi Ketidakpastian Lingkungan Usaha Kecil Menengah, Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, Vol. 5 No. 1, 2017.
Destiana Setyaningrum, Adi Wiratno dan Sukirman (2019). Pengaruh Pendidikan Pemilik, Pengetahuan Akuntansi Pemilik, Budaya Perusahaan, Dan Umur Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UKM Dengan Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris Terhadap UKM Yang Menghasilkan Produk Unggulan Di Kabupaten Banyumas), Journal & Proceeding Universitas Jenderal Sudirman , Vol. 4 No.1, 2019.
Dimiyati dan Mujiono (2019). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Dwi Lestanti (2021). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha, dan Motivasi Kerja Terhadap Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku UMKM di Boyolali. Skripsi S1, Universitas negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Earl K. Stice, James D. Stice dan K. Fred Skousen (2019). Akuntansi Intermediate, Edisi Lima Belas, Buku 1, Jakarta : Salemba Empat.
Era Astuti (2017). Pengaruh Karakteristik Internal Perusahaan Terhadap Penyiapan Dan Penggunaan Informasi Akuntansi Perusahaan kecil Dan Menengah Di Kabupaten Kudus. Tesis S2, Universitas Diponegoro. Semarang.
Evi Linawati dan MI Mitha Dwi Restuti (2020). Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Atas Penggunaan Informasi Akuntansi, 2nd Conference in Business, Accounting and Management, Vol. 2 No. 1, Mei 2015.
Fransisca Mulyono (2018). Firm Capability dalam Teori Resource-Base View, Jurnal Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Katolik Parahyangan, Vol. 9 No. 2, Juni 2013
Harmaizar Z (2019). Menggali Potensi Wirausaha. Bekasi : Dian Anugerah Prakas
Hasan Alwi (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Hermawan, Sigit (2018). Makna Intellectual Capital Perspektif The Role Theory dan The Resource Based Theory, Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol. 17 No.
Imam Ghozali (2020). Desain Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Untuk Akuntansi, Bisnis, dan Ilmu Sosial Lainnya. Semarang : Yoga Pratama.
Ikatan Akuntan Indonesia (2022). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: IAI.
Ira Purwanti dan Gunasti Hudiwinarsih (2022). Persepsi Manajer Atas Informasi Akuntansi Keuangan Dan Pengaruhnya Pada Keberhasilan Mengelola Perusahaan Kecil Dan Menengah di Surabaya. The Indonesian Accounting Review, Vol. 2 No. 1, Januari 2012.
Kasmir (2019). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi, Cetakan keempatbelas, PT. Raja Grafindo Persada.
Kharisma Dorojatin, Surachman, Andarwati (2019). Pengaruh Strategi Resource Based terhadap Keunggulan Bersaing melalui Inovasi pada Usaha Mebel Kayu di Kota Pasuruhan. Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 14 No. 4, Nopember 2016.
Lubis, A. Y (2019). Dekontruksi Epistemologi Modern. Jakarta : Pustaka Indonesia Satu.
Moh. Nazir (2018). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Mustaqhfiroh (2019). Faktor Penentu Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil dan Menengah Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Intervening. Skripsi S1, Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Mulyadi Nitisusastro (2019). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung : Alfabeta.
Sentot Harman Glendoh (2021). Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 3 No. 1, Maret 2001
Siti Mungalimah (2017). Analisa keunggulan Kompetitif Dengan Pendekatan Berbasis Sumber Daya Pada Sentra Batik Tulis Giriloyo Yogyakarta. Skripsi S1, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
Sudaryanto (2021). The Need for ICT-Education for Manager or Agribusinessman to Increasing Farm Income : Study Factor Influences on Computer Adaption in East Java Farm Agribusiness. International Journal of Education and Development, Vol. 7 No. 1
Sudaryono (2017). Metodologi Penelitian. Depok : Rajawali Pers.
Sugianto (2019). Pengaruh Pendidikan, Pengalaman Usaha, Dan Jenis Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil Dan Menengah Yang Ada di Kecamatan Tanjungpinang Timur Kota Tanjung Pinang, Makalah Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjung Pinang.
Sugiyono (2021). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sriwahyuni, Dewi Retno et al (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Yang Ada di Kota Tanjungpinang, Artikel Universitas Maritim Raja Ali Haji, 2017.
Tabrani Gani et al (2021). Penguasaan Pengetahuan Deklaratif dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia, Jurnal Chemical Vol. 12 No. 2, Desember 2011.
Tambunan, Tulus (2019). Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat. ________, (2022). Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat.
Ubaid Elzaki (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Industri Kecil Knalpot di Desa Sayangan Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga. Skripsi S1, Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Wibowo (2018). Manajemen Kinerja. Jakarta : PT. Raja Grafindo Pers