ELABORASI DISKUSI DAN PENUGASAN SEBAGAI PENGUATAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS XII IPS-4 SMAN 6 METRO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Karmana Karmana SMAN 6 METRO
Keywords: Hasil, Aktivitas, Saintifik, Elaborasi

Abstract

Kemampuan mengelola uang dengaan baik menjadi bekal yang sangat penting untuk dapat meraih sukses kehidupan melalui usaha jasa keuangan. Namun hasil belajar ekonomi dalam materi siklus perusahaan jasa di SMAN 6 Metro, masih rendah.  Aktivitas belajar siswa menunjukkan masih sangat banyak siswa yang tidak menunjukan interaksi yang baik. Pembelajaran dalam Siklus akuntansi perusahaan jasa kurang menarik membuat para siswa di SMAN 6 Metro kurang bisa memahami siklus perusahaan jasa dengan baik.  Tujuan penelitian tindakan kelas adalah meningkatkan aktivitas siswa kelas XII-IPS.4 selama proses pembelajaran Ekonomi pada materi Siklus perusahaan jasa, meningkatkan pengetahuan materi siklus perusahaan jasa siswa kelas XII-IPS.4 Tahun Pelajaran 2019/2020, meningkatkan sikap spiritual dan sosial siswa kelas XII-IPS.4 TP 2019/2020 selama pembelajaran siklus perusahaan jasa, Meningkatkan kemampuan diskusi siswa kelas XII-IPS.4 TP 2019/2020 selama pembelajaran materi Siklus perusahaan jasa.

 

Penelitian dilaksanakan di SMAN 6 Metro pada siswa kelas XII-IPS.4 Semester Ganjil, Tahun Pelajaran 2019/2020. Terdapat 24 orang siswa. Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan dari bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober tahun 2019. pendekatan saintifik diintegrasikan dengan elaborasi metode diskusi pada siklus I. Metode yang digunakan pada siklus II dikuatkan dengan penugasan.

 

Peneliti menyimpulkan bahwa hasil dan aktivitas belajar siklus akuntansi perusahaan jasa siswa kelas XII-IPS.4 di SMAN 6 Metro meningkat setelah mlaksanakan pembelajaran saintifik dengan elaborasi metode diskusi dan dikuatkan dengan penugasan. Aktivitas saintifik siswa, pada siklus II  mengamati 67%, menanya 69, mencoba 69, mengasosiasi 72, dan mengkomunikasikan 71 dengan sebaran predikat, aktivitas kurang menjadi 0%, aktivitas cukup menjadi 4%, dan aktivitas baik menjadi sebanyak 71%. Adapun aktivitas sangat baik mencapai 25%. Prestasi belajar tertinggi meningkat 25, Nilai terendah meningkat 20, Nilai rata-rata meningkat sebesar 17.. Nilai di atas 7 meningkat 9. Pada sikap spiritual siklus II sudah tidak ada lagi klasifikasi kurang dan cukup, yang ada klasifikasi baik menjadi 79% dan sangat baik menjadi 21%. Terjadi perubahan sikap sosial yang semakin baik. Sikap sosial klasifikasi kurang sebesar 0, klasifikasi cukup menjadi 8%, klasifikasi baik naik menjadi 92%. Kemampuan diskusi dengan predikat kurang sudah tidak ada, kemampuan diskusi cukup 12%, kemudian kemampuan diskusi yang baik menunjukkan sebesar 88%. Siswa menunjukkan kemampuan diskusi dalam kelompok dengan baik. Proses tukar argumen, pengelolaan suasana, dan capaian pemahaman terhadap materi menunjukkan bahwa peran siswa selama diskusi tercapai secara optimal. Aktivitas diskusi siswa mengalami peningkatan, dari siklus I ke II kemampuan mengkomunikasikan meningkat 24.3 dari 45.71 menjadi 70. Mendengarkan meningkat 20.7 dari  50.71 menjadi 71, Berargumentasi meningkat 17.9 dari 56.43 menjadi 74, Berkontribusi meningkat 15.7 dari 57.14 menjadi 73. Capaian persentase dari semua kemampuan mendiskusikan telah mencapai di atas 70% sesuai dengan yang direncanakan pada indikator keberhasilan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31