MENINGKATKAN KEMAMPUAN MERANCANG INSTRUMEN PENILAIAN HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) MELALUI SUPERVISI KELOMPOK PADA GURU BAHASA INDONESIA SMK DAN SMA BINAAN TAHUN 2018

  • Sukisno Sukisno Pengawas Madya SMK Kabupaten Pringsewu
Keywords: HOTS, Supervisi, Kelompok

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan kemampuan guru Bahasa Indonesia SMK dan SMA binaan pengawas dalam merancang instrumen penilaian Higher Order Thingking Skill (HOTS). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merancang instrumen penilaian HOTS melalui supervisi kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian terdiri atas 27 orang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia pada 8 sekolahbinaan yang dikelompokkan menjadi 4 kelompok berdasarkan letak sekolah.  Tindakan yang dilakukan adalah melaksanakan pembimbingan dalam bentuk workshop dalam MGMP pada awal siklus dan dilanjutkan dengan supervisi kelompok secara terjadwal pada siklus berikutnya. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: 1)Aktivitas guru selama mengikuti supervisi kelompok 75% mencapai kategori baik; dan 2) Kemampuan guru merancang komponen-komponen instrumen penilaian selama supervisi kelompok 75% mencapai kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui supervisi kelompok, tercapai peningkatan aktivitas guru dankemampuan guru dalam menyusun instrumen penilaian HOTS.Aktivitas guruyang mencapai kategori minimal baik pada siklus I, II, dan III secara berturut-turut adalah 63%, 71%, dan 81%. Kemampuan guru yang mencapai kategori minimal baik dari siklus I, II, dan III berturut-turut adalah 33%, 74%, dan 81%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa indikator keberhasilan penelitian tercapai. Dengan demikan disimpulkan bahwa supervisi kelompokpada guru SMK binaan dapat meningkatkan kemampuan merancang instrumen penilaian HOTS.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-31
How to Cite
Sukisno, S. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MERANCANG INSTRUMEN PENILAIAN HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) MELALUI SUPERVISI KELOMPOK PADA GURU BAHASA INDONESIA SMK DAN SMA BINAAN TAHUN 2018. Jurnal Guru Indonesia, 2(3), 173-183. https://doi.org/10.24127/jgi.v2i3.2474