UPAYA MENINGKATKANHASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DISERTAI DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SEMESTER GANJIL SD NEGERI SRI REJOSARI KECAMATAN WAY JEPARA KABUPATEN

  • Daryuni Daryuni Guru Mata Pelajaran PKn SDN Sri Rejosari Way Jepara
Keywords: Think-Pair-Share (TPS), Demonstrasi, SDN Sri Rejosari

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), sehingga hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut guru menerapkan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) disertai Demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas IV SD Negeri Sri Rejosari Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Bagaimanakah Upaya Meningkatkanhasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Disertai Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV Semester Ganjil SD Negeri Sri Rejosari   Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2020/2021. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah:metode pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) disertai metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklusnya 3 kali pertemuan. Subjek penelitian siswa Kelas IV SD Negeri Sri Rejosari  Tahun Pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 23 siswa, pada pokok bahasan Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwaModel pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share(TPS) disertai demonstrasi dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)pada siswa khususnya materi bangun datar. Persentase siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebesar 65,21% dan siklus II sebesar 82,60%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-31
How to Cite
Daryuni, D. (2022). UPAYA MENINGKATKANHASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DISERTAI DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SEMESTER GANJIL SD NEGERI SRI REJOSARI KECAMATAN WAY JEPARA KABUPATEN. Jurnal Guru Indonesia, 2(3), 159-172. https://doi.org/10.24127/jgi.v2i3.2475