PERANCANGAN APLIKASI PENGOLAHAN DATA RAWAT INAP MENGGUNAKAN PEMOGRAMAN BERBASIS JAVA PADA UPTD PUSKESMAS BATANGHARI LAMPUNG TIMUR

  • Dedi Irawan Universitas Muhammadiyah Metro
  • Puji Anto Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Perancangan pada UPTD Puskesmas Batanghari Lampung Timur, Aplikasi pengolahan data rawat inap, Laporan rawat inap.

Abstract

Tujuan pembuatan aplikasi pengolahan data rawat inap pada UPTD Puskesmas Batanghari Lampung Timur. Masalah yang didapat adalah pengolahan data rawat inap, dan juga laporan bulanan data pasien masih menggunakan buku buku besar dan. Selain itu pencarian data pasien yang membutuhkan waktu lama karena harus mencari di buku pencatatan. Dalam penelitian menggunakan metode berupa pengamatan, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Sedangkan Program yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman Java, Pembuatan pencarian pasien rawat inap dan laporan rawat inap menggunakan IReports. Berdasarkan hasil penelitian, aplikasi pengolahan data pasien rawat inap pada UPTD Puskesmas Batanghari menggunakan bahasa pemrograman Java dengan databese MySQL, Telah menghasilan pengolahan data rawat inap dan pencarian pada data  rawat inap UPTD Puskesmas Batanghari, dan mempermudah pembuatan laporan rawat inap perbulan di UPTD Puskesmas Batanghari Lampung Timur.

Published
2021-07-30