DESAIN DAN IMPLEMENTASI E-COMMERCE DENGAN PENERAPAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA TOKO COKLAT GODIVA INDONESIA

  • Samsinar Samsinar
  • Muhamad Rizki Darmawan
Keywords: CMS, BMC, Toko Coklat, Coklat Premium

Abstract

Godiva Store merupakan toko coklat yang memiliki empat toko yang berlokasi di Jakarta, pada tahun 2013 Godiva membuka toko pertamanya di Plaza Indonesia. Selama ini toko hanya menjual melalui toko saja karena Godiva Indonesia belum memiliki media penjualan online. Banyak pelanggan menelepon untuk melakukan pembelian dan meminta untuk dikirim. Untuk itu, Godiva Indonesia membutuhkan aplikasi E-Commerce dan mengoptimalkannya dengan memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO) untuk memudahkan mesin pencarian dan mempermudah transaksi serta memberikan kenyamanan berbelanja bagi pelanggan. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, analisis dokumen, studi pustaka, analisis sistem dan perancangan menerapkan Business Model Canvas (BMC) dan Unified Modeling Language (UML). Implementasi Web E-Commerce ini menggunakan Wordpress yang berbasis Content Management System (CMS). Hasil penelitian ini adalah dengan adanya E-Commerce dapat memberikan beberapa solusi dari permasalahan yang ada dan diharapkan dapat memperluas jangkauan pemasaran produknya.

Published
2022-07-01