METODE WEBQUAL 4.0 PADA ANALISIS KUALITAS WEBSITE INDOSATOOREDOO TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA
Abstract
Indosat adalah salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia yang memiliki website sebagai salah satu alat penting dalam menjalin hubungan dengan pelanggannya. Peningkatan Kualitas situs website harus dilakukan secara konsisten untuk mempertahankan loyalitas dan kepuasan pengguna. Kepuasan pengguna hanya dapat terbentuk apabila pengguna merasa puas dengan layanan yang terima. Metode Webqual 4.0 merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna terhadap kualitas website yang dirancang khusus untuk mengukur kualitas website berdasarkan persepsi pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas website IndosatOoredoo menggunakan metode Webqual 4.0. Hasil perhitungan kuesioner menggunakan metode Webqual 4.0 yang dilakukan kepada website IndosatOoredoo berdasarkan 4 variabel yaitu Usability, Information Quality, Service Interaction Quality, dan Overall Impression. Pada website IndosatOoredoo memiliki nilai yang terbilang tidak jauh berbeda pada setiap variabel. Nilai terbesar berada di variabel Overall Impression dengan nilai 4.46 dan nilai terendah berada di variabel Service Interaction Quality dengan nilai 4.37. Dapat disimpulkan bahwa pelanggan website IndosatOoredoo sudah sangat puas.
References
[2]. Abdu’a, A. R., & Wasiyanti, S. (2019). Pengukuran Kualitas E-Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 21(2), 143–148. https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6357
[3]. Anggraini, F. D. P., Aprianti, A., Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491–6504. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3206
[4]. Astuti, I., & Ruhama, S. (2023). … Pizzahut Menggunakan Metode Seo White Hat Dan End User Computing Satisfaction (Eucs) Terhadap Kepuasan Pengguna. JIKI (Jurnal Llmu Komputer & Lnformatika), 4(2), 173–185.
[5]. Balaka, M. Y. (2022). Metode penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, 1, 130.
[6]. Hapsari, K., & Priyadi, Y. (2017). Perancangan Model Data Flow Diagram Untuk Mengukur Kualitas Website Menggunakan Webqual 4.0. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 7(1), 66. https://doi.org/10.21456/vol7iss1pp66-Hermawan, S., & Hariyanto, W. (2022). Buku Ajar Metode Penelitian Bisnis (Kuantitatif Dan Kualitatif ). In Buku Ajar Metode Penelitian Bisnis (Kuantitatif Dan Kualitatif ). https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-047-2
[7]. Kennedy, J. E., & Soemanagara, R. D. (2006). Marketing Communication: Taktik & Strategi (5th ed.). Bhuana Ilmu Populer.
[8]. Maryati, Wasliman, I., Rostini, D., & Iriantara, Y. (2021). Implementasi Balanced Scorecard dalam Meningkatkan Kinerja Lembaga Pendidikan. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 4(2), 157–167.
[9]. Monalisa, S. (2016). Analisis Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan Penerapan Metode Webqual (Studi Kasus : UIN Suska Riau. Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, ISSN 2407-0939, 13(2), 181–189.
[10]. Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 94. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274
[11]. Pradita, P., & Yesni, M. (2018). Analisis Kualitas Website Jd.Id Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. Journal Information Engineering and Educational Technology, 2(2), 109–116.
[12]. Soesana, A., Subakti, H., Salamun, S., Tasrim, I. W., Karwanto, K., Falani, I., Bukidz, D. P., & Pasaribu, A. N. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif.
[13]. Suasapha, A. H. (2020). Skala Likert Untuk Penelitian Pariwisata; Beberapa Catatan Untuk Menyusunnya Dengan Baik. Jurnal Kepariwisataan, 19(1), 26–37. https://doi.org/10.52352/jpar.v19i1.407
[14]. Sukmasetya, P., Setiawan, A., & Arumi, E. R. (2020). Penggunaan Usability Testing Sebagai Metode Evaluasi Website Krs Online Pada Perguruan Tinggi. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 9(1), 58–67. https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v9i1.24691