PENINGKATAN POTENSI DAN PEMBENTUKAN JIWA WIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO PRODI D-III SISTEM INFORMASI FAKULTAS ILMU KOMPUTER MELALUI PROGRAM WIRAUSAHA MERDEKA EDUBLANKON UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

  • Gunayanti Kemalasari Siregar Pahu Universitas Muhammadiyah Metro
  • Mujito Universitas Muhammadiyah Metro
  • Budi Asmanto Universitas Muhammadiyah Metro
  • Afrizal Agung Nugraha Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Data Kuantitatif, Data Kualitatif, Kesadaran Kewirausahaan

Abstract

Masalah dalam pendidikan kewirausahaan melibatkan ketidakseimbangan teori-praktik, kurangnya pemahaman pengajar, dan kendala peserta didik dalam mengidentifikasi peluang bisnis. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas Program Wirausaha Merdeka Edublankon dalam membentuk jiwa wirausaha mahasiswa D-III Sistem Informasi. Melalui kerjasama ini, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan ide inovatif dan keterampilan bisnis, menghasilkan lulusan yang kompeten teknis dan memiliki jiwa kewirausahaan yang kuat. Penelitian ini bersifat kualitatif, berfokus pada pemahaman mendalam fenomena sosial. Kegiatan magang di Faux Society mengadopsi pendekatan learning by doing, peningkatan potensi, dan pembentukan jiwa wirausaha. Dilaksanakan selama 1 bulan, magang mencakup perencanaan bisnis, produksi, dan pemasaran. Praktik ini bertujuan meningkatkan keterampilan soft competency dan hard competency serta kemampuan manajerial. Expo sebagai tahap akhir diharapkan mengaplikasikan pengetahuan dari workshop dan magang ke dalam konteks nyata, dilaksanakan selama empat hari. Hasil magang di Faux Society mencakup data kuantitatif dan kualitatif selama satu bulan. Pelaksanaan magang dijelaskan dengan detail, termasuk kegiatan utama dan lokasi magang. Leaflet dibuat untuk memberikan informasi mengenai program WMK Edublankon UNY dan meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang kewirausahaan di tingkat pendidikan tinggi. Laporan, proposal, dan pitching digunakan untuk merekam, merinci, dan menyampaikan rencana dan kemajuan program WMK Edublankon. Produk inovatif "Cosmic Cafeinne" memperoleh penilaian tertulis dan mengalami peningkatan penjualan yang signifikan. Penting juga untuk meningkatkan komunikasi dengan mahasiswa agar informasi yang disampaikan lebih terstruktur, tidak bersifat mendadak, sehingga mahasiswa dapat mempersiapkan kebutuhan acara dengan lebih baik.

Published
2024-03-25
Section
Articles