ANALISIS KINERJA PRASARANA REST AREA JALAN TOL KM 49 A BAKAUHENI – TERBANGGI BESAR DARI PERSPEKTIF PENGGUNA
Abstract
Jalan Tol Bakauheni - Bandar Lampung - Terbanggi Besar adalah salah satu dari ruas tol sumatra yang di mana telah beroperasi secara penuh Sejak 9 maret 2019. Dengan melihat kondisi dan perkembangan saat ini sangat perlu menguji kelayakan di rest area tersebut dengan melakukan penelitian di rest area km 49 A untuk mengetahui kinerja kepuasan prasarana di Rest Area Jalan Tol KM 49 A Bakauheni - Terbanggi Besar dari Perspektif Pengguna. Pada hasil analisis deskriptif didapat rata – rata jawaban responden pada setiap variabel independen fasilitas termasuk dalam kategori baik dengan skor rata – rata 3,84 untuk fasilitas dan untuk kepuasan pengguna didapat skor rata – rata 4,07 yang masuk dalam kategori sangat baik. Untuk pertanyaan variabel fasilitas yang paling tinggi adalah pertanyaan mengenai tentang fasilitas mushola dan perlengkapan shalat. Hasil uji determinasi menunjukan bahwa 0.781 atau 7,81% kepuasan konsumen dijelaskan oleh variabel fasilitas. Sedangkan sisanya 19,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini.