ANALISIS KINERJA PRASARANA REST AREA JALAN TOL KM 49 A BAKAUHENI – TERBANGGI BESAR DARI PERSPEKTIF PENGGUNA

  • surya indrawan Universitas Bandar Lampung
  • Ikhsan Karim
Keywords: Rest Area, Jalan Tol, Prasarana Jalan Tol

Abstract

Jalan Tol Bakauheni - Bandar Lampung - Terbanggi Besar adalah salah satu dari ruas tol sumatra yang di mana telah beroperasi secara penuh Sejak 9 maret 2019. Dengan  melihat  kondisi  dan  perkembangan  saat  ini  sangat  perlu  menguji  kelayakan  di rest area tersebut dengan melakukan penelitian di rest area km 49 A untuk mengetahui kinerja  kepuasan  prasarana  di  Rest  Area  Jalan  Tol  KM  49  A  Bakauheni  - Terbanggi Besar dari Perspektif Pengguna. Pada  hasil  analisis  deskriptif  didapat  rata  –  rata  jawaban  responden  pada  setiap variabel  independen  fasilitas  termasuk  dalam  kategori  baik  dengan  skor  rata  –  rata 3,84  untuk  fasilitas  dan  untuk  kepuasan  pengguna  didapat  skor  rata  –  rata  4,07  yang masuk  dalam  kategori  sangat  baik.  Untuk  pertanyaan  variabel  fasilitas  yang  paling tinggi adalah pertanyaan mengenai tentang fasilitas mushola dan perlengkapan shalat. Hasil  uji  determinasi  menunjukan  bahwa  0.781  atau  7,81%  kepuasan  konsumen dijelaskan  oleh  variabel  fasilitas.  Sedangkan  sisanya  19,5%  dijelaskan  oleh  variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini.

Published
2024-06-29