Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Buzz Group terhadap Kemampuan Mengemukakan Pendapat

  • Achmad Irfan Muzni Universitas Muhammadiyah Metro
  • Agus Wibowo Universitas Muhammadiyah Metro
  • Tri Eviliana Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi Buzz Group, Kemampuan Mengemukakan Pendapat

Abstract

Mengemukakan pendapat merupakan kesanggupan atau kecakapan untuk mengutarakan pikiran, gagasan atau perasaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini Adalah Pengaruh Positif Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Buzz Group Terhadap Kemampuan Mengemukakan Pendapat Peserta Didik SMK Kartikatama 1 Metro Tahun Pelajaran 2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Positif Bimbingan Kelompok menggunakan Teknik Diskusi Buzz Group terhadap Kemampuan Mengemukakan Pendapat Peserta Didik SMK Kartikatama 1 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan one group pretest posttest design. Populasi sebanyak 30 peserta didik dan sampel 10 peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengambilan data berupa angket dengan model skala likert.  Analisis data menggunakan uji t. Hasil diperoleh thitung = 8,9371 ≥ t tabel= 1,83311, signifikasi 0,05. Skor pretetst 40,1 dan posttest 74,4 sehingga terjadi peningkatan 34,3. Hal ini membuktikan bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi buzz group berpengaruh terhadap kemampuan mengemukakan pendapat. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi buzz group terhadap kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik SMK Kartikatama 1 Metro tahun pelajaran 2019/2020. Saran sebaiknya dalam kegiatan layanan bimbingan dan konseling guru bimbingan dan konseling memberikan layanan yang mendukung untuk peningkatakan kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik.

Published
2021-06-21
How to Cite
Muzni, A. I., Wibowo, A., & Eviliana, T. (2021). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Buzz Group terhadap Kemampuan Mengemukakan Pendapat. Counseling Milenial (CM), 2(2), 376 389. https://doi.org/10.24127/konselor.v2i2.1059
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>