Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri Lampung Timur
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, dan evaluasi pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek data adalah guru bimbingan dan konseling dan guru kelas. Data yang diperoleh peneliti melalui metode wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan model miles yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pengujian keabsahan dapat dilakukan dengan cara triangulasi sumber.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) perencanaan guru bimbingan dan konseling melakukan persiapan dan perencanaan seperti melakukan asesment kebutuhan yang dibuat sendiri sesuai dengan aspek-aspek aktivitas kegiatan sehari-hari dan keempat bidang layan terdiri dari pribadi sosial, belajar, karir pada anak berkebutuhan khusus, hasil asesmen dianalisis, penyusunan rencana pelaksanaan layanan, penyusunan program. (2) pelaksanaan layanan guru bimbingan dan konseling melaksanakan layanan informasi secara kelas besar dengan metode ceramah dan layanan konseling individu (3) pelaksanaan evaluasi guru bimbingan dan konseling melakukan pengukuran kinerja dengan menilai dan menindaklanjuti metode dan strategi yang digunakan, penyusunan laporan pelayanan bimbingan dan konseling, dilaporkan kepada kepala sekolah.
The purpose of this study was to determine how the planning and the evaluation of the implementation of guidance and counseling services in Special Public Junior High School, East Lampung in Academic Year 2019/2020. The type of this research is descriptive qualitative. The data subjects are guidance and counseling teachers and homeroom teachers. The data obtained by researchers through interviews and observation. The data analysis used the Miles model; collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The validity testing was done by triangulating sources. The conclusions in this study are (1) teachers' planning in guidance and counseling and preparation such as conducting self-assessment needs according to aspects of daily activities and the four service areas consisting of social personal, learning, a career in children with special needs, results of the analysis are analyzed, preparation of service implementation plans, preparation of programs. (2) the teachers' implementation of guidance and counseling services such as implementing information services in a large class with lecture methods and individual counseling services (3) the evaluation implementation of guidance and counseling teachers in performance measurements by assessing and following up on the methods and strategies used, preparation of guidance and counseling service reports and reported to the school principal.