Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik SMK Negeri 4 Metro
Abstract
Abstrak
Penelitian ini difokuskan pada layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management terhadap kemandirian belajar peserta didik SMK Negeri 4 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Adakah pengaruh positif layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management terhadap kemandirian belajar peserta didik SMK Negeri 4 Metro tahun pelajaran 2019/2020?, Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management terhadap kemandirian belajar peserta didik SMK Negeri 4 Metro tahun pelajaran 2019/2020.
Desain penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, dengan kelompok tunggal, populasi terdiri dari 165 peserta didik dan sampel berjumlah 8 peserta didik, dengan teknik sampling purposive sampling. Uji validitas dilakukan melalui uji validitas butir item dan hasil uji reliabilitas adalah 0,8889. Instrumen pengambilan data menggunakan metode angket skala likert, analisis data yang digunakan yaitu uji t. Hasil penelitian ini diperoleh peningkatan skor yaitu 28,75, hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management terhadap kemandirian belajar peserta didik. Pengujian hipotesis didapatkan dari hasil perhitungan thitung = 9,647 > ttabel = 1,895 dari signifikasi 0,05 dan derajat kebebasan (db = n – 1= 8 – 1 = 7).
Kesimpulannya yaitu bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar peserta didik SMK Negeri 4 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020. Saran: peserta didik hendaknya dapat memanfaatkan dengan baik layanan bimbingan kelompok, guru Bimbingan dan Konseling hendaknya dapat mengembangkan kemampuan dalam menguasai layanan bimbingan dan konseling khususnya bimbingan kelompok, kepala sekolah mendukung pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dengan memfasilitasi sarana dan prasarana Bimbingan dan Konseling agar pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dapat terlaksana dengan baik dan maksimal.
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Self Management, Kemandirian Belajar.
Abstract
This research is focused on group guidance services with self-management techniques on learning independence of SMK 4 Metro students in the academic year 2019/2020. The formula of this problem of this research is: Is there a positive effect of guidance group services with self management techniques on learning independence of SMK Negeri 4 Metro students in the academic year 2019/2020? The purpose of this research is to knowing the positive effect of guidance group services with self management techniques on learning independence students of SMK Negeri 4 Metro in the academic year 2019/2020.
Design of this research used experimental research, with single group, the population are consisted of 165 students and the sample of 8 students, with technique purposive sampling technique. Validity test is done using validity test item and the the result test is 0.8889. The instrument data collection used a Likert scale questionnaire method, the data analysis used was the t test. The results of this study obtained an increase the score of 28.75, this shows that there is a positive effect of guidance group services with self management techniques on the learning independence of students. The hypothesis testing is obtained from the calculation of tcount = 9,647> ttable = 1,895 from significance 0.05 and degrees of freedom (db = n - 1 = 8 - 1 = 7).
The conclusion is that guidance group services with self management techniques have a positive effect on the learning independence of SMK 4 Metro students in the academic year 2019/2020. Suggestion: students should be able to take advantage of guidance group services, Guidance and Counseling teachers should be able to develop skills in mastering guidance and counseling services especially group guidance, school principals support the implementation of guidance and counseling services by facilitating Guidance and Counseling facilities and infrastructure so that implementation guidance and counseling services can be implemented properly and optimally.