LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA FLASCARD TERHADAP PEMAHAMAN JENIS PEKERJAAN
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan media flascard terhadap pemahaman jenis pekerjaan pada peserta didik SMP Negeri 4 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020. Peneliti bertindak sebagai pelaku utama dalam terlaksananya layanan bimbingan kelompok ini. Jenis penelitian ini menggunakan desain kuantitatif eksperimen kelompok tunggal one group pretest-posttest design. Populasi penelitian sebanyak 245 peserta didik. Sample peneliti 5 peserta didik dengan menggunakan purposive sampling. Instrument dalam pengambilan data menggunakan metode angket skala bogardus. Analisis data yang digunakan yaitu uji t. hasil perhitungan data adalah thitung = 2, 7084> ttabel = 1,894, selain itu diketahui bahwa terjadi peningkatan skor pre-test sebesar 11 dan post-test sebesar 19,2 sehingga kenaikan skor sebanyak 8,2. Hal itu menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan media flascard berpengaruh terhadap pemahaman jenis pekerjaan pada peserta didik SMP Negeri 4 Metro.