BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK REINFORCEMENT TERHADAP KEDISIPLINAN MENGERJAKAN TUGAS PESERTA DIDIK

  • Nurul Atieka Universitas Muhammadiyah Metro
  • Hadi Pranoto Universitas Muhammadiyah Metro
  • I Made Adianta Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Bimbingan Kelompok, Reinfocerment, Kedisiplinan

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana perilaku sosial dan hubungan sosial remaja yang latar belakang keluarganya bercerai di Desa Braja Sakti Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur.Jenis penelitian adalah studi kasus. Subjek data adalah remaja di Desa Braja Sakti Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur. Data diperoleh melalui metode wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan model Miles yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) tidak pernah berbagi perasaan, merasa sedih dan kecewa, tidak pernah tolong-menolong dengan lingkungan masyarakat, kerjasama dengan teman sebaya berkurang, persahabatan dengan teman sebayanya berubah, lebih suka berada di rumah, hanya bercerita kepada sahabat dekatnya, tidak pernah bercerita kepada teman sebaya yang lainnya mengenai perasaan dan keadaan yang sebenarnya, jarang jujur kepada orang tua mengenai keadaannya, (2) hubungan dengan orang tuanya berubah, komunikasi dengan orang tua berkurang, hubungan dengan masyarakat sekitar berbeda karena merasa malu, lebih nyaman berada di rumah, lingkungan masyarakat di sekitar tidak pernah mengucilkan, hanya saja merasa malu apabila bertemu dengan masyarakat yang sebaya dengannya, merasa tidak bebas ketika bergaul dengan masyarakat.

Author Biography

Nurul Atieka, Universitas Muhammadiyah Metro

Kedisiplin peserta didik dalam pembelajaran di sekolah sangat penting bagi kemajuan sekolah khususnya bagi peserta didik itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik Reinforcemen terhadap Kedisiplinan mengerjakan tugas peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 9 orang peserta didik yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket, dan analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji nilai thitung yaitu 8,39 yang menunjukkan ada pengaruh layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik Reinforcement terhadap kedisiplinan peserta didik dalam mengerjakan tugas.

Published
2020-12-24
How to Cite
Atieka, N., Pranoto, H., & Adianta, I. (2020). BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK REINFORCEMENT TERHADAP KEDISIPLINAN MENGERJAKAN TUGAS PESERTA DIDIK. Counseling Milenial (CM), 2(1), 242-252. Retrieved from https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/konselor/article/view/474
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>