LAYANAN INFORMASI TEKNIK MODELING SIMBOLIS TERHADAP PERSEPSI PESERTA DIDIK KEPADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING

  • Satrio Budi Wibowo Universitas Muhammadiyah Metro
  • Hadi Pranoto Universitas Muhammadiyah Metro
  • Tika Nur Utami Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Layanan Informasi, Teknik Modeling Simbolis, Persepsi

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh positif layanan informasi teknik modeling simbolisterhadap persepsi peserta didikkepada guru Bimbingan dan Konseling SMA Muhammadiyah Braja Selebah Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020?”.Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahuipengaruh layanan informasi teknik modeling simbolisterhadap persepsi peserta didikkepada guru Bimbingan dan Konseling SMA Muhammadiyah Braja Selebah Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan design quasi experiment dengan Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian sebanyak 40 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 15 peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu skala. Analisis data yang digunakan yaitu uji independent samples test. Hasil perhitungan data diperoleh t= 4,123 (p < 0,001), selain itu diketahui pada kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan sebesar 19% dan pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang sangat signifikan sebesar 24%.Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh pemberian layanan informasi teknik modeling simbolisterhadap persepsi peserta didik kepada guru Bimbingan dan Konseling SMA Muhammadiyah Braja Selebah Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Saran sebaiknya guru Bimbingan dan Konseling menjalankan tugas dan peran di sekolah yang seharusnya dilakukan.

Published
2020-12-24
How to Cite
Wibowo, S., Pranoto, H., & Utami, T. (2020). LAYANAN INFORMASI TEKNIK MODELING SIMBOLIS TERHADAP PERSEPSI PESERTA DIDIK KEPADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING. Counseling Milenial (CM), 2(1), 267-283. Retrieved from https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/konselor/article/view/476
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>