PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP UNTUK MEMANTAPKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI LANJUT SMA

  • Riski Yuli Kurniawati Universitas Muhammadiyah Metro
  • Hadi Pranoto Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Pengembangan Media Pop-Up, Pengambilan Keputusan Studi Lanjut

Abstract

Tujuan pengembangan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media pop-up memiliki kelayakan dalam aspek media, materi, bahasa dan apakah media pop-up dapat membantu peserta didik dalam memantapkan pengambilan keputusan studi lanjutnya.Jenis penelitian ini adalah Mix Metode yaitu kualitatiif dengan hasil dari saran dan masukan dari validasi ahli. Kemudian kuantitatif dengan hasil dari angket respon peserta didik, angket pengambilan keputusan studi lanjut, dan hasil dari uji validasi dari para ahli. Hasil penelitian dapat dikatakan bahwa pengembangan media Pop-Up  memperoleh kategori sangat layak dengan hasil 86% kategori sangat layak dalam validasi ahli bahasa, dan hasil 80% dengan kategori layak dalam validasi ahli media, 84% dengan kategori sangat layak dalam validasi ahli materi, dan 90% dengan kategori sangat layak dalam validasi praktisi. Lalu hasil dari angket repson peserta didik dengan kategori sangat sesuai dengan jumlah 92%, dan pengembangan media Pop-Up ini efektif digunakan dengan bukti hasil analisis angket pengambilan keputusan studi lanjut yaitu 87,5% peserta didik sudah memahami pengambilan keputusanya setelah diberikanya informasi menggunakan media Pop-Up.

Published
2020-12-24
How to Cite
Kurniawati, R., & Pranoto, H. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP UNTUK MEMANTAPKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI LANJUT SMA. Counseling Milenial (CM), 2(1), 284-294. Retrieved from https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/konselor/article/view/477
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>