SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SMK MUHAMMADIYAH GUNUNG AGUNG

  • Edi Suratno Universitas Muhammadiyah Metro
  • Prof. Dr. Marzuki Noor, MS. Universitas Muhammadiyah Metro
  • Dr. Riyanto MM. Universitas Muhammadiyah Metro

Abstract

Supervisi merupakan faktor penting dalam pelaksanaan perbaikan pendidikan dan pengajaran secara keseluruhan. Pertumbuhan kemampuan dan pengetahuan guru dapat dilihat sebagai salah satu tujuan dilaksanakan supervisi dalam rangka pencapaian perbaikan mutu pendidikan dan pengajaran. Supervisi yang baik tentunya disertai dengan perencanaan dan pelaksanaaan yang baik. 

Penelitian ini memfokuskan pada Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam meningkatkan Kompetensi Guru SMK Muhammadiyah Gunung Agung Kabupaten Tulang Bawang Barat. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, bahwa “Pendekatan kualitatif merupakan proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif  yang  berupa kata-kata tulisan

Pendekatan ini dipilih karena masalah yang akan diteliti lebih banyak menyangkut proses dan memerlukan pengamatan atau observasi pada situasi tertentu dan peneliti ingin mengetahui fenomena yang berkembang sebagai kesatuan yang diketahui secara utuh tanpa terikat oleh suatu variabel atau hipotesa tertentu dengan metode penelitian, peneliti menggunakannya tentu untuk memudahkan peneliti agar lebih dekat dengan subjek yang sedang diteliti dan lebih peka terhadap pengaruh berbagai fenomena yang terjadi di lapangan mengenai Kompetensi Guru SMK Muhammadiyah Gunung Agung Kabupaten Tulang Bawang Barat

Tindak Lanjut supervisi yang diperoleh guru setelah mengikuti supervisi bertambahnya pengalaman, meningkatkatnya wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan mampu mengubah sikap dan pemanpilan yang selama ini masih kurang. Berdasarkan hasil penelitian  tentang tindak lanjut supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala SMK Muhammadiyah Gunung Agung adalah dalam bentuk program pengembangan dan peningkatan kompetensi guru. Sebagai  tindak lanjut dari supervisi kepala sekolah membuat program untuk perbaikan dan pengembangan serta peningkatan kualitas dan kompetensi guru seperti mengadakan workshop pembuatan RPP, pembuatan karya tulis ilmiah, dan lain-lain. Kepala Sekolah juga melakukan pembinaan terhadap guru yang yang kurang atau kinerjanya masih rendah serta memberikan pembinaan sampai ada perubahan yang lebih baik pada guru tersebut dan  memberikan reward kepada guru-guru yang berprestasi

 

Kata kunci: Supervisi Akademik1;Kinerja Guru2; Kompetensi Guru3.

Author Biographies

Prof. Dr. Marzuki Noor, MS., Universitas Muhammadiyah Metro

Dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Metro Magister Administrasi Pendidikan

Dr. Riyanto MM., Universitas Muhammadiyah Metro

Dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Metro Magister Administrasi Pendidikan

Published
2021-08-30
Section
Articles