PERAN DISIPLIN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU

  • Siti Nur Munawaroh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kumala Lampung
Keywords: Disiplin kerja guru, Supervisi akademik kepala sekolah, Kinerja guru.

Abstract

Peran supervisi akademik kepala sekolah memang sangat dibutuhkan dalam meningkatkan disiplin kerja dengan kinerja guru, maka dalam riset ini mempunyai tujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh langsung Supervisi Akademik Kepala Sekolah dengan disiplin kerja, 2) Pengaruh langsung disiplin kerja guru dengan kinerja guru, 3) Pengaruh tidak langsung Disiplin Kerja Guru sebagai mediasi terhadap Supervisi Akademik Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar Di Natar Lampung SelatanPada Sekolah Dasar Di Natar Lampung Selatan.

Riset ini merupakan penelitian kuantitatif; populasi dalam penelitian ini adalah guru di Sekolah Dasar Natar Lampung Selatan yang berjumlah 102 guru. Sampel dalam penelitian ini adalah 74 guru (responden) dari 7 (tujuh) Sekolah Dasar, dan pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan regresi sederhana dan regresi berganda dengan keputusan koefisien jalur dan koefisien determinasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung supervisi akademik kepala sekolah dengan disiplin kerja dan nilai R square (R2) sebesar 0,057 hal ini menunjukkan bahwa variabel supervisi akademik kepala sekolah berpengaruh baik terhadap disiplin kerja dengan kontribusi sebesar 5,7%. 2)Terdapat pengaruh langsung displin kerja dengan kinerja guru dengan nilai R square (R2) sebesar 0,11; hal ini menunjukkan bahwa variabel disiplin kerja berpengaruh cukup baik terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 1,1%. Artinya variabel disiplin kerja guru sebagai mediasi mempunyai pengaruh tidak langsung dengan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru dan diperoleh dari nilai R square (R2) sebesar 0,059. Hal ini menunjukkan bahwa variabel disiplin kerja guru dan supervisi akademik kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 5,9% dan sisanya sebesar 94,1% ditentukan oleh alasan lain di luar model regresi yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kesimpulan, Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung disiplin kerja dan supervisi akademik kepala sekolah dengan kinerja guru pada sekolah dasar alam Lampung Selatan.

Saran, Agar kinerja Guru dapat meningkat hendaknya kepala sekolah melibatkan guru dalam disiplin kerja guru dalam mematuhi jadwal pembelajaran yang telah disusun oleh Kepala Sekolah dan melakukan inovasi-inovasi dalam rangka mewujudkan apa yang di cita-citakan sekolah.

Published
2022-02-28