PENGARUH KREATIVITAS DAN PROFESIONALISME KERJA GURU TERHADAP HASIL BELJAR SISWA SD NEGERI 02 BLAMBANGAN UMPU WAY KANAN LAMPUNG

  • Curlenius Tentren Suprihatin SDN 02 Sangakaran Bhakti Way Kanan
  • M Ihsan Dacholfany
  • Sutrisni Andayani
Keywords: Kreativitas; Profesionalitas Kerja Guru; Hasil Belajar Siswa

Abstract

Pada dasarnya guru adalah sebagai salah satu komponen dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), harus memiliki kreativitas dan profesinalisme dalam mengajar karena memiliki posisi yang sangan menentukan keberhasilan pembelajaran. Masalah yang dihadapi guru baik pemula maupun yang sudah berpengalaman ialah meningkatkan hasil belajar. Hal ini menuntut adanya kereativitas dan profesionalisme kerja guru yang bertugas merencanakan dan melaksanakan serta menilai hasil pembelajaran.  Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek yang diteliti siswa SD Negeri 02 Blambangan Umpu yang berjumlah 40 siswa. Variabel penelitian ini adalah kerativitas dan profesionalisme kerja guru sebagai variabel bebas sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar. Data diambil dengan metode kuesioner dan dokumentasi. Pengolahan data memakai teknil analisis regresi dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil Uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 2,039 dengan sig. sebesar 0,049 (p < 0,05). Profesionalisme Kerja Guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil Uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 2,233 dengan sig. sebesar 0,032 (p < 0,05). Secara simultan kreativitas dan profesionalisme kerja guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi Fhitung sebesar 6,765 dengan sig. sebesar 0,003 (p < 0,05). Sedangkan kontribusi variabel kreativitas dan profesionalisme kerja guru terhadap nilai hasil belajar siswa sebesar 0,26 yang berarti bahwa kedua variabel tersebut memberikan kontribusi pada variabel hasil belajar siswa sebesar 26%, sedangkan sisanya sebesar 74% dipengaruhi oleh varian lain di luar model penelitian yang tidak termasuk dalam batasan penelitian ini.

Published
2022-08-31