PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI KERJA GURU SMP NEGERI SE-KECAMATAN MESUJI
Abstract
Prestasi kerja guru adalah suatu capaian kerja yang mencerminkan kualitas seorang guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai evaluasi sistematis untuk mencapai tujuan dan pengembangan kompetensi. Prestasi kerja guru banyak dipengaruhi baik yang berasal dari internal maupun eksternal seperti gaya mengajar guru dan gaya mengajar guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis:(1) Pengaruh gaya mengajar guru terhadap prestasi kerja guru SMP Negeri Se-Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji Lampung, (2) Pengaruh gaya mengajar guru terhadap prestasi kerja guru SMP Negeri Se-Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji Lampung, dan (3) Pengaruh gaya mengajar guru dan gaya mengajar guru secara bersama-sama terhadap prestasi kerja guru SMP Negeri Se-Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji Lampung. Populasi penelitian ini sebanyak 61 dan sampel diambil dengan teknik Probability Sampling yang didasarkan pada konsep seleksi secara acak dan setiap anggota populasi memperoleh peluang yang sama untuk menjadi sampel. Sebagai sampel yang digunakan sebanyak 38 responden ditetapkan jumlahnya dengan menggunakan rumus Slovin. Pengambilan data ini dengan angket dan menggunakan regresi sebagai alat bantu penelitian. Hasil analisis penelitian adalah (1) Ada pengaruh positif gaya mengajar guru terhadap prestasi kerja guru SMP Negeri Se-Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji Lampung sebesar 17,16%. (2) Ada pengaruh positif gaya mengajar guru terhadap terhadap prestasi kerja guru SMP Negeri Se-Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji Lampung sebesar 14,44%. (3) Ada pengaruh positif antara gaya mengajar guru dan gaya mengajar guru secara bersama-sama terhadap prestasi kerja guru SMP Negeri Se-Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji Lampung sebesar 31,6%. Dengan demikian hasil penelitian ini menjelaskan gaya mengajar guru dan gaya mengajar guru mempengaruhi prestasi kerja guru. Peneliti menyimpulkan bahwa gaya mengajar guru dan gaya mengajar guru dapat mempengaruhi prestasi kerja guru, sehingga dengan tingginya gaya mengajar guru yang dimiliki dapat menyebabkan gaya megajar guru yang baik dan inovatif sehingga prestasi kerja guru juga akan dapat tercapai dan meningkat.