Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Se-Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Lampung

  • Subardi Bardi Subardi Magister Administrasi Pendidikan
  • M Ihsan Dacholfany
  • Agus Sutanto
Keywords: Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Guru

Abstract

Abstrak

 

Upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia bukan merupakan tugas yang mudah, karena sumber daya manusia yang berkualitas tidak hanya dilihat dari penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga dari mentalitasnya. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas pendidikan bangsa, karena dengan pendidikan yang berkualitas diharapkan akan tercipta sumber daya manusia yang berkualitas pula, dan pada

Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengaruh antara lingkungan kerja terhadap kinerja guru di SMK se-Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Lampung, (2) untuk mengetahui pengaruh antara disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMK se-Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Lampung, (3) untuk mengetahui pengaruh antara lingkungan kerja dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMK se-Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Lampung.

. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto, yaitu penelitian yang hanya mengungkapkan data yang ada tanpa memberikan perlakuan atau manipulasi variabel maupun subyek yang diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional karena bertujuan untuk mengetahui pola dan keeratan pengarush di antara variabel bebas dan variabel terikat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, artinya semua informasi atau data diwujudkan dalam angka, dengan teknik pengambilan sampel secara cluster proporsional random sampling.     

Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif antara lingkungan kerja dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMK Se-Kecamatan Simpang Pematang. Hal ini ditunjukan oleh Sig. = 0,005 < 0,05 yang berarti bahwa ada pengaruh antara lingkungan kerja dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif yang diberikan sebesar 22,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian.

 

Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Guru

Published
2022-08-31