IMPLEMENTASI PENGELOLAAN PENDIDIKAN NONFORMAL DALAM MENINGKATKAN MUTU PROGRAM LAYANAN DI LKP EXCELLENT KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

  • Rina Yati . Magister Administrasi Pendidikan
  • sutrisni andayani
  • m ihsan dacholfany
Keywords: Mutu Program Layanan, Pengelolaan Pendidikan Nonformal

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menginvestigasi dan menganalisis implementasi pengelolaan pendidikan non formal di Lembaga Kursus dan Pelatihan Excellent Lampung Tengah, dengan fokus pada peningkatan mutu program layanan. Pendidikan nonformal memiliki peran yang penting dalam memenuhi kebutuhan pendidikan di luar lingkungan sekolah formal. Teknik yang digunakan pada penelitian ini yakni teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pendidikan nonformal di Lembaga Kursus dan Pelatihan Excellent masih memiliki beberapa tantangan dan hambatan yang mempengaruhi mutu program layanan. Tantangan yang teridentifikasi meliputi kurangnya sumber daya manusia yang berkualifikasi, kekurangan fasilitas dan peralatan, serta kurangnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya pendidikan nonformal. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa upaya yang telah dilakukan oleh lembaga untuk meningkatkan mutu program layanan, seperti pelatihan dan pengembangan staf, pembaruan kurikulum, dan kerjasama dengan pihak terkait. Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pengelolaan pendidikan nonformal di Lembaga Kursus dan Pelatihan Excellent telah memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan mutu program layanan. Langkah-langkah yang telah diambil oleh lembaga tersebut menunjukkan kemajuan yang signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan rekomendasi bagi lembaga kursus dan pelatihan serupa serta pihak terkait lainnya dalam meningkatkan mutu program layanan pendidikan nonformal.

Published
2023-08-18