PERAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU UPTD SD NEGERI DI KECAMATAN BATANGHARI LAMPUNG TIMUR

  • Sapta Akmalia Universitas Muhammadiyah Metro
  • Sutrisni Andayani
  • Marzuki Noor
Keywords: Manajerial; Kepala Sekolah; Kinerja Guru

Abstract

UPTD SD Negeri di Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur merupakan Sekolah Dasar yang berada dibawah pelayanan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Timur yang mengalami penurunan kinerja guru. Oleh karena itu, dibutuhkan seorang kepala sekolah yang mampu memimpin serta berperan secara penuh sebagai seorang manajer didalam sekolah. Peran manajerial yang efektif dan efisien apabila dilaksanakan dengan baik menjadi kunci dalam meningkatkan kinerja guru yang dimiliki disekolah tersebut. Penelitian ini berupa kualitatif deskriptif, jadi bertujuan untuk mendeskripsikan peran manajerial kepala sekolah, peningkatan kinerja guru, serta faktor-faktor yang menghambat proses penerapan manajerial dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah tersebut. Metode pencarian data melalui observasi, wawancara, dan angket. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik mereduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepala sekolah UPTD SD Negeri di Kecamatan Batanghari, kepala sekolah telah berperan dalam melaksanakan peran. Peranannya tersebut telah ditinjau dari pelaksanakaan fungsi manajerial yang dilakukan. Fungsi manajerial tersebut antara lain: Perencanaan, Pengorganisasian,Pelaksanaan,Pengawasan,Evaluasi. Kemudian Guru UPTD SD Negeri di Kecamatan Batanghari telah melaksanakan kegiatan yang dapat meningkatkan kinerjanya yang termuat dalam tiga indikator, yaitu: Kepemilikan perangkat pembelajaran, pemanfaatan media pembelajaran, dan melaksanakan kegiatan penilaian serta tindak lanjut terhadap peserta didik. Berdasarkan hasil analisis peran kepala sekolah dalam manajerial dengan peningkatan kinerja guru UPTD SD Negeri di Kecamatan Batanghari, dapat diinterpretasikan bahwa hubungan kedua variabel tersebut saling memberikan dampak positif. Kepala sekolah yang melaksanakan peran manajerialnya secara aktif, secara signifikan dapat membantu meningkatkan kinerja guru.

Published
2025-02-08