IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID
(Studi Kasus Di SMK Muhammadiyah Se-Kota Metro Lampung)
Abstract
Terobosan baru pada pelaksanaan evaluasi pembelajaran yaitu dengan memanfaatkan android atau
Android Based Test (ABT). Sistem ini merupakan pengembangan dari sistem CBT yaitu dengan
menggantikan komputer klien menggunakan perangkat android, sehingga keunggulan sistem CBT bisa
diadopsi pada ABT. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi evaluasi pembelajaran
berbasis android di SMK Muhammadiyah se-Kota Metro. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di SMK Muhammadiyah se-Kota Metro. Adapun fokus
implementasi evaluasi pembelajaran berbasis android di SMK Muhammadiyah se-Kota Metro meliputi
bagaimana persiapan evaluasi pembelajaran berbasis android, sarana dan prasarana yang digunakan
dalam evaluasi pembelajaran berbasis android, cara penerapan evaluasi pembelajaran berbasis android,
kendala yang terjadi pada evaluasi pembelajaran berbasis android dan bagaimana mengatasi kendala pada
evaluasi pembelajaran berbasis android. Berdasarkan penelitian ini, didapat bahwa evaluasi pembelajaran
berbasis android merupakan pengembangan dari evaluasi pembelajaran berbasis komputer yaitu dengan
menggantikan komputer pengguna (klien) dengan android, sehingga penerapan sistem ini akan
menghemat anggaran sekolah sehingga sistem ini memungkinkan untuk di implementasikan di semua
sekolah.