IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN OLEH KORPS MUBALLIGH MAHASISWA MUHAMMADIYAH DI TAMAN MERDEKA KOTA METRO
Abstract
Pendidikan Al-Qur'an memiliki peran penting dalam Islam, namun kondisi saat ini menunjukkan banyak
umat Muslim yang tidak mampu membaca Al-Qur'an dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini, Korps
Mubaligh Mahasiswa Muhammadiyah menciptakan program Klinik Qur'an yang bertujuan untuk
membantu masyarakat mempelajari Al-Qur'an dengan metode inovatif. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Melalui studi kasus ini, peneliti akan mengumpulkan data
melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan pengajar dan peserta program, serta analisis
dokumen terkait pelaksanaan program. Hasil peneitian ini menunju’kan: 1) Implementasi pembelajaran
membaca Al-Qur'an dilaksanakan dengan perencanaan yang baik, yaitu dengan melibatkan mentor yang
sudah menguasai pemahaman kaidah baca Al-Qur’an, lalu setiap pengunjung di berikan pembelajaran
yang sesuai dengan jenjang usianya, dan diakhir pembelajaran para mentor selalu memberikan motivasi
agar para pengunjung yang belajar pada hari itu senantiasa membaca Al-Qur’an setiap harinya. 2) Korps
Muballigh Mahasiswa Muhammadiyah menerapkan komponen-komponen belajar membaca Al-Qur’an
mengunakan buku Panduan Belajar Tajwid karya Acep Lim. Ibrahim. 3) Faktor penghambat dalam
pelaksanaan kegiatan mencakup kesibukan personal para mentor, penolakan pengunjung taman , dan
faktor cuaca. Sedangkan faktor pendukung meliputi kepedulian terhadap umat Muslim, dorongan dari
sabda Nabi, dan motivasi dari dalam diri pengunjung untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.