PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI KASUS BULLYING PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 RAWA JITU TIMUR

  • Marsela Safitri Universitas Muhammadiyah Metro
  • Junaidi Songidan Universitas Muhammadiyah Metro
  • Prabowo Adi Widayat Universitas Muhammadiyah Metro
Keywords: Bullying, Pendidikan Agama Islam, Peran Guru

Abstract

Perilaku bullying adalah suatu tindakan agresif dan bersifat negatif yang dilakukan baik secara sadar ataupun tidak sadar secara terus menerus. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya bullying, bentuk-bentuk bullying, dan peran guru pendidikan Agama Islam dalam menangani kasus bullying. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat aksi bullying secara verbal maupun fisik pada peserta didik, seperti mengolok-olok, mengejek, memukul, mengucilkan, menendang, menjambak rambut, dan lainnya. Penyebab utama terjadinya bullying yaitu faktor ekonomi. Seseorang yang melakukan bullying merasa dirinya kuat dan mempunyai kekuasaan, mencari perhatian, serta kepribadian peserta didik tersebut. Tindakan Bullying yang dominan di SMK Negeri 1 Rawa Jitu Timur adalah secara verbal. Tenaga pendidik mata pelajaran Agama Islam merupakan penggerak bagi peserta didik untuk memberikan sikap teladan, senantiasa memberikan arahan, serta nasihat-nasihat dalam menanamkan nilai-nilai agama pada diri peserta didik, agar memiliki kepribadian dan akhlak yang baik kepada semua orang terutama kepada sesama teman.

Published
2024-05-27