Gambaran Gambaran Karakter Tanggung Jawab Anak Saat Pandemi Covid-19 di TK Dharma Wanita Aceh Singkil

  • Liza Fidiawati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriani Fitriani Universitas Bina Bangsa Getsempena¬†
Keywords: pendidikan karakter, tanggung jawab, anak usia dini

Abstract

Karakter merupakan perilaku yang ditampilkan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam bersikap maupun bertindak. Salah satu nilai karakter tanggung jawab harus ditanamkan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran karakter tanggung jawab anak dan kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter selama pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan dan wawancara.

References

Anissyifa, H. (2017). Pendidikan Karakter dalam Persepsi Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA.
Curren, R. (2017). Why character education?. Impact, 2017(24), 1-44.
Ibnu, A.,A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara dan Driyarkara. Jurnal pendidikan karakter, 92.
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia.
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).
Rosmiati, (2020). Analisis Penanaman Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Kelompok B TK Bungong Nangroe Kecamatan Padang Tiji Kab. Pidie (Skripsi). Banda Aceh: STKIP Bina Bangsa Getsempena.
Setiawan, A. A., Johan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jejak (Jejak Publisher).
Sudaryanti, S. (2012). Pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).
Sukiman, (2016). Mengembangkan Tanggung Jawab pada Anak. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Suyanto.2009 urgensi pendidikan karakter.http://www.mandikdasmen.depdiknas.go.id/web/pages/urgensi.html.Diunduh pada april 2021.
Tussubha, N. (2020, July). Integrated Character Education Model in Early Childhood Education Based on Minangkabau Local Culture: Randai. In International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2019) (pp. 5-12). Atlantis Press.
Tyas, E. H., Sunarto, S., & Naibaho, L. (2020). Building Superior Human Resources through Character Education. TEST Engineering & Management, 83, 11864-11873.
Zuchdi, D. (2011). Humanisasi Pendidikan: menemukan kembali pendidikan yang manusiawi. Jakarta: Bumi Aksara.
Zulhan,Najib. 2010. Pendidikan Berbasis Karakter. Surabaya: JePe Press Media Utama.
Published
2021-07-03