Cognitive Development, Media Cub Perkembangan Kognitif Melalui Media Kubus Putar Dadu Angka
Perkembangan Kognitif Melalui Media Kubus Putar Dadu Angka
Abstract
Berdasarkan observasi di TK Syeich Abu Bakar Surabaya kelompok A ada beberapa masalah yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar pada Kelompok A. Anak-anak pada umumnya belum bisa mengenal angka, masih rendah pada arahan atau bimbingan yang diberikan Guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengarahkan anak-anak agar dapat bermain media kubus putar dadu angka dan mengenalkan bilangan 1-10 yang ada disisi-sisi kubus putar tersebut, dengan Bahasa yang sopan saat bermain. Metode observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap semua kegiatan yang berkaitan denganĀ pengenalan angka pada anak usia dini, metode itu yang digunakan si peneliti. Dengan subjek yang diteliti adalah 15 siswa kelompok A di TK Syeich Abu Bakar Surabaya. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dengan ini hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses penerapan perkembangan kognitif anak usia dini melalui media kubus putar dadu angka untuk mengenal bilangan di kelompok A TK Syeich Abu Bakar Surabaya bahwa dengan adanya media kubus putar dadu angka ini anak-anak sudah mulai bisa mengenal angka/ bilangan 1-10 membuat anak-anak lebih mudah dan bisa mengenal angka. Pengenalan angka / bilangan dari Sejak dini anak-anak sudah sangat totalitas dan antusias dengan terciptanya APE berupa media kubus putar dadu angka ini yang membuat kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik.
Copyright (c) 2021 Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The author submits the manuscript to do so with the understanding that if accepted by the jurnal kajian anak (J-Sanak) for publication, the publication of the copyright of the article will be assigned/transferred to the Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) Publisher.
However, the Authors still reserve the following:
a). All proprietary rights other than copyright such as patent rights,
b). The right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures.
Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), the International Editorial and Editorial Board made every effort to ensure that no false, misleading data, opinions or statements were published in the journal . In any way, the contents of articles and advertisements published in Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) are the sole and exclusive responsibility of each writer and advertiser.
The copyright form must be electronically signed and sent to the Editorial Office in the form of an original e-mail: ummetropiaud@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional