Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini
Abstract
Observasi ini ditujukan guna memahami seberapa besar dampak metode bercerita terhadap kemampuan berbahasa terhadap peserta didik. Observasi ini memakai jenis observasi kuantitatif dengan metode uji coba dengan model yang dipakai yaitu Pre-Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek pada observasi ini yaitu satu kelas anak B2 yang berada di RA Siti Amelia yang beranggotakan 12 peserta didik. Pengelompokan data didapat melalui tes, observasi, serta dokumentasi. Analisis data didapat dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji T. Hasil observasi menggambarkan bahwa menurut hasil analisis uji t (paired sample t-test), maka dapat diperoleh hasil bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 14.582 > 1.714 dan Sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan sebetulnya terdapat keragaman yang signifikan kemampuan berbahasa peserta didik ketika sebelum dan sesudah diberi metode bercerita. Dalam artian thitung > ttabel yang maksudnya Ha diterima dan Ho ditolak. Banyaknya dampak metode bercerita pada kemampuan berbahasa anak usia dini di RA Siti Amelia yaitu sebesar 7,50 serta dalam interpretasi nilai Cohen’s ialah 69% yang dikategorikan sedang. Berdasarkan paparan diatas,bisa di tarik kesimpulan terdapat pengaruh metode bercerita pada kemampuan berbahasa peserta didik.
References
Anggraeni, V. G. (2020). Pengaruh metode bercerita dengan media poster terhadap kemampuan berbicara anak kelompok b tk mekarsari. Jurnal Nasional Paud, 1(4), 1–5.
Astari, T., & Safira, S. (2019). Penerapan Permainan Modifikasi Tapak Gunung Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di RA Mutiara, Ciputat. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 46.
Azhari, S. (2021). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Lembaga Paud Meraje Gune. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 181–197. https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i2.3312
Dhieni, N., & Fridani, L. (2007). Hakikat Perkembangan Bahasa Anak (Modul 1 PAUD). 1–28.
Fadlan, A. (2019). Efektivitas Metode Bercerita Dalam Perkembangan Bahasa Anak. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 28–37. https://doi.org/10.30631/smartkids.v1i1.47
Fauziah, F., & Rahman, T. (2021). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(02), 108–114. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i02.870
Fitrianingsih, R., & Musdalifah. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Pembuatan Strapless Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Jambu. Fashion and Fashion Education Journal, 4(1), 1–6.
Fitroh, S. F. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. Universitas Trunojoyo Madura, 2, 76–149.
Hamsiani. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Di TK Miftahul Khair. Jurnal Panrita, Volume 01, 41–49.
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Gramedia.
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Wardah, I(1), 62–69.
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739
Kholila, A., Hidayah, F., Rahman, K. I., & ... (2023). Analisis Evaluasi Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini melalui Kegiatan Pengenalan Rasa. … Anak Usia Dini, 4(2), 40–48. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.277
Kumalasari, L., & Roesminigsih, E. (2019). Kemampuan Berbicara Anak Dengan Metode Bercerita Pada Anak Kelompok Melati Di Pg Asa Cendekia 2 Buduran Sidoarjo. Unesa.
Kuncahyo, R. (2016). Hasil pengamatan melalui metode pemberian reward and punishment pada siswa kelas V SD Negeri Plakaran Bantul. Jurnal Pendidikan, 2(2), 45–49.
Maghfirah, F. (2019). Pentingnya Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas, 5(1), 11–16.
Narlan, A., Priana, A., & Gumilar, R. (2023). Pengaruh Dryland Swimming Workout Terhadap Peningkatan Vo2Max Dalam Olahraga Renang. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(1), 119–124. https://doi.org/10.37058/sport.v7i1.6665
Normalita De Lima, C., Gyta, D., Harahap, S., & Marlissa, D. (2023). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Bahasa Pada Anak Kelompok B di TK Yapis Merauke. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 202–210. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i2.324
Rohliana, R. (2019). Pemanfaatan Metode Bermain Peran dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Selong. Edisi, 1, 75–98.
Solin Suliani. (2019). Pengaruh Bermain Drum Band Dari Bahan Bekas Terhadap Kecerdasan Musikal Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Ummi Erni. Jurnal Raudhah, 07(01), 2338–2163.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385
Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Tanjung, Y. P. (2022). Perkembangan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Raudhatul Athfal Nur Ilmi Kota Tebing Tinggi. Murabbi: Jurnal Ilmiah Dalam Bidang Pendidikan, 05(01), 106–122.
Copyright (c) 2024 Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The author submits the manuscript to do so with the understanding that if accepted by the jurnal kajian anak (J-Sanak) for publication, the publication of the copyright of the article will be assigned/transferred to the Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) Publisher.
However, the Authors still reserve the following:
a). All proprietary rights other than copyright such as patent rights,
b). The right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures.
Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), the International Editorial and Editorial Board made every effort to ensure that no false, misleading data, opinions or statements were published in the journal . In any way, the contents of articles and advertisements published in Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) are the sole and exclusive responsibility of each writer and advertiser.
The copyright form must be electronically signed and sent to the Editorial Office in the form of an original e-mail: ummetropiaud@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional