PENGARUH KINERJA PERSONIL POLRI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP TINDAK PENCEGAHAN PENCURIAN KENDARAAN BER MOTOR DI UNIT PATROLI SAT SAMAPTA POLRES KOTA METRO– LAMPUNG

  • Nuri Suradilaga
  • Afdal Mazni
  • Bambang Suhada
Keywords: Kinerja, motivasi kerja, pencegahan pencurian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh kinerja personil polri terhadap pencegahan pencurian kendaraan bermotor, (2) pengaruh motivasi kerja terhadap pencegahan pencurian kendaraan bermotor, (3) pengaruh kinerja polri dan motivasi kerja secara simultan terhadap tindak pencegahan pencurian kendaraan bermotor.Penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif, dalam jumlah sampel yaitu 48 personil satuan Samapta. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada rekan Samapta, lalu teknik pengumpulan data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, dan homogenitas selanjutnya pada uji regresi linier berganda dengan keputusan parsial t dan simultan f.

Hasil penelitian diketahui bahwa (1) kinerja pegawai polri memiliki pengaruh terhadap tindak pencegahan pencurian kendaraan bermotor dengan nilai thitung > 5,942 ttabel (48;0,05= 1,67). Sedangkan (2) motivasi kerja tidak memiliki pengaruh terhadap tindak pencegahan pencurian kendaraan bermotor dengan nilai thitung < 1,289 ttabel  (48;0,05= 1,67), sehingga secara simultan kinerja pegawai polri dan motivasi kerja secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap pencegahan pencurian kendaraan bermotor dengan nilai Fhitung  66,451> dari Ftabel 3,21 dan nilai signifikan 0,000. Simpulan, kinerja pegawai polri dan motivasi kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pencegahan pencurian kendaraan bermotor di kota Metro. Saran, Agar pencegahan pencurian kendaraan bermotor dapat berjalan dengan maksimal, untuk motivasi semua rekan kerja baik dari pimpinan maupun dari masyarakat sekitar untuk saling mengingatkan, menghimbau serta selalu waspada dari hal yang sering di remehkan.

Published
2021-11-10
Section
Articles