PENGARUH KUALITAS PRODUK, KERAMAH-TAMAHAN PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA USAHA KOPI ACEH KECAMATAN METRO SELATAN

  • Oktandy Kurniawan
  • Bambang Suhada
  • Afdal Mazni
Keywords: Kualitas produk, keramah-tamahan, persepsi harga, keputusan pembelian

Abstract

Tujuan dari riset ini ialah untuk mengetahui (1) pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, (2) pengaruh keramah-tamahan terhadap keputusan pembelian, (3) pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian, (4) secara bersama menguji kualitas produk, keramah-tamahan, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada Cafe Kopi Aceh Kota Metro Selatan-Lampung.

Riset ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampeldalam riset ini ialah berjumlah 100 responden yang secara kebetulan pernah berkunjung di kedai Kopi Aceh Metro Selatan. Pengambilan data menggunakan angket kuesioner dan wawancara, teknik pengumpulan dalam menggunakan regresi linier berganda melalui uji secara parsial (t) dan simultan (f).

Hasil riset ini menunjukkan bahwa (1) kualitas produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan kontribusi secara parsial sebesar thitung 2,756 > ttabel  sebesar 1,66, untuk keramah-tamahan tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung­0,598 < ttabel sebesar 1,66, sedangkan persepsi harga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 3,897 > t­tabel 1,66. Sehingga secara simultan ketiga variabel bebas tersebut memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai fhitung 17,886 > ftabel 2,70.

Simpulan, hal ini diketahui bahwa secara bersama-sama kualitas produk, keramah-tamahan, persepsi harga, memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada kopi Aceh Metro Selatan.

Saran, agar keputusan pembelian dapat meningkat, maka dalam menentukan harga, porsi, kualitas kopi, dan kuantitas dapat dipertahankan, sehingga persepsi harga yang tertanam dibenak konsumen tidak terlalu lama dalam membeli produk tersebut.

Published
2021-11-10
Section
Articles