PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS APARATUR SIPIL NEGARA PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA METRO
Abstract
Suatu lembaga atau instansi pemerintah tidak hanya memilki kewenangan dan kualifikasi pegawainya, tetapi suatu organisasi yang secara efektif mempunyai keinginan dan tujuan dalam memajukan lembaga/instansi tersebut. Sehingga dalam penelitian ini tujuan utama adalah untuk mengetahui peran budaya organisasi dan disiplin kerja pegawai terhadap produktivitas kerja baik secara parsial maupun secara simultan. Desain riset ini menggunakan metode kuantitatif, atau disebut penelitian mixed methos artinya penelitian gabungan kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan angket kuesioner dan hasil dari angket tersebut diolah secara statistik dengan pertimbangan dari jumlah sampel kepada pegawai sebanyak 90 pegawai berdasarkan dari rumus perhitungan slovin. Teknik analisis data memakai uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, homogenitas, dan linieiritas. Hipotesis dari interprestasi tersebut memakai regresi berganda dengan pengambilan keputusan uji parsial t, uji simultan f, dan koefisien determinasi. Hasil analisis membuktikan bahwa baik budaya organisasi maupun disiplin kerja memiliki peran dalam meningkatkan produkitivitas kerja pegawai.