DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK HARAPAN MULIA
Abstract
Zaman yang serba canggih seperti ini tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sekarang teknologi telah berkembang kian pesatnya. Pada saat ini seiring berkembangnya teknologi, banyak sekali yang berpengaruh pada anak salah satunya adalah penggunaan gadget. Gadget memiliki dampak positif dan negatif. Untuk itu peran orangtua sangat penting dalam perkembangan teknologi saat ini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penggunaan metode ini dengan alasan bahwa fokus dalam penelitian ini yaitu dampak penggunaan gedget pada perkembangan sosial anak usia dini. Sementara pendekatan fenomenologi bertujuan untuk menggambarkan makna dari mengalaman hidup yang dialami oleh anak usia dini, tentang konsep atau fenomena tertentu, dengan mengeksplorasi struktur kesadaran manusia. Jadi disini peneliti ingin mengetahui dampak dari penggunaan gadget pada perkembangan sosial anak usia dini melalui studi fenomenologi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses perkembangan sosial anak usia dini di TK Harapan Mulia dapat dikatakan sudah cukup baik dan normal tetapi banyak siswa mengalami kecanduan gadget diperlukan kontrol dari orang tua meskipun tidak adanya penerapan aturan yang ketat dan tegas. Dampak penggunaan gadget pada perkembangan sosial anak usia dini tidak begitu parah masih tergolong kategori rendah sebab mereka notabene masih anak usia dini belum memiliki gadget sendiri sehingga masih dapat di kontrol oleh orang tuanya.
Kata kunci: Anak Usia Dini; gadget; Sosial Emosional.